Hati-Hati Saat Si Kecil Mengeluh Sakit Buang Air Kecil, Bisa Jadi Tanda Infeksi Saluran Kemih!

Diposting oleh
Date : Rabu, 19 Juli 2017

Sebagai orang tua, memang sudah seharusnya kita memperhatikan kelakuan si kecil. Apalagi anak kecil memang terkadang masih sulit untuk berkomunikasi secara lancar dengan orang dewasa. Jadi jika terjadi sesuatu yang gak nyaman pada tubuhnya biasanya si kecil akan terlihat rewel. Ketika si kecil mulai rewel, ada baiknya kita cek terlebih dahulu kondisi tubuh si kecil. Siapa tahu memang ada hal yang gak beres. Seperti tahun lalu, saat Aisyah menangis terus ketika hendak buang air kecil. Saat itu Aisyah sudah bisa buang air kecil di toilet sendiri. Tapi entah mengapa beberapa kali buang air kecil di tempat dan itu sempat membuat saya kesal.

Tapi saya mencoba mencari tahu lebih lanjut ada apa sebenarnya. Karena Aisyah bukan tipikal anak yang suka buang air kecil sembarangan. Apalagi setiap buang air kecil dia selalu menangis. Saya memang curiga kalau Aisyah terkena infeksi saluran kemih. Apalagi anak kecil terkadang memainkan kemaluannya dan keadaan tangan sedang kotor. Tentu ini akan membuat bakteri dapat masuk ke saluran kemih dan membuat masalah.

Gejala Infeksi Saluran Kemih Pada Anak


Beberapa anak yang sudah mulai aktif bermain memang memiliki potensi untuk terkena infeksi saluran kemih. Hal ini dikarenakan beberapa anak ada yang memiliki kebiasaan menahan buang air kecil karena terlalu asyik bermain. Akibatnya urine yang tertampung pada saluran kemih dapat berkembang menjadi sumber bakteri. Tak hanya itu, anak-anak pun masih belum paham menjaga kebersihan area vital, sehingga terkadang tangan yang kotor menggaruk atau menyentuk area vital dan menyebabkan infeksi. Jadi sebagai orang tua kitalah yang harus waspada.

Pada anak kecil gejala infeksi saluran kemih dapat dilihat dari tingkah laku si kecil. Jika si kecil mendadak sering rewel dan menolak untuk buang air kecil bisa jadi ini gejala awal dari infeksi saluran kemih. Perhatikan juga warna urine si kecil. Warnan urine biasanya lebih keruh dari berbabau menyengat. Jika si kecil sudah mulai menunjukan tanda-tanda tersebut, periksalah kemaluannya. Pastikan jika kemaluan si kecil apakah ada luka atau tidak. Pada infeksi saluran kemih yang sudah parah dapat juga disertai dengan demam tinggi. Bunda perlu berhati-hati jika si kecil mulai mengalami demam.

Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih yang Aman Pada Anak

Anak-anak memang relatif sulit untuk diajak minum obat jadi sebagai orang tua memang harus disiasati dengan baik. Untuk mengatasi infeksi saluran kemih dapat dengan mengkonsumsi jus buah cranberry karena buah ini mengandung vitamin C yang tinggi. Selain itu buah cranberry juga mengandung antioksidan proanthocyanidins yang memiliki sifat anti-adhesi sehingga bakteri tidak dapat menempel pada saluran kemih dan tidak dapat menularkan bakteri.



Jika sulit untuk mencari buah cranberry dapat menggkonsumsi Prive Uricran yang mengandung ekstrak buah cranberry. Prive Uri-cran ini dapat dikonsumsi oleh anak usia di atas tiga tahun. Rasanya manisnya dan asamnya pas sehingga Prive Uri-cran enak untuk dikonsumi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger