Cara Menghubungkan HP Android dengan TV

Diposting oleh
Date : Sabtu, 24 Februari 2018
Meskipun internet sudah mengubah gaya hidup manusia, tapi tetap saja TV selalu menjadi pilihan hiburan keluarga. Dan meskipun juga harga TV LED LG 32 inch paling baru harganya tetap naik, tidak menjadi masalah bagi para penggemar TV. Apalagi kini ponsel android bisa langsung dihubungkan dengan TV loh.


Persiapan yang perlu dilakukan untuk menghubungkan hp ke TV yang pertama kali dilakukan adalah mencari tahu lebih dulu tentang spesifikasi hp Android dan TV yang akan digunakan. Untuk mengetahui spesifikasi hp dan TV lengkap dengan harganya Anda bisa mengunjungi Pricebook.

Bagi yang ingin menyambungkan hp ke TV tanpa kabel, pastikan ketersediaan fitur Miracast pada hp Android dan TV kamu. Sedangkan untuk mengoneksikan hp Android ke TV, kamu harus melihat ketersediaan port output video pada hp Android dan mengetahui tipe port yang digunakan.

Sejauh ini, hp yang dijalankan pada OS Android 4.2 Jelly Bean keatas sudah dilengkapi dengan fitur Miracast bawaan. Beberapa diantaranya memiliki penamaan berbeda seperti pada hp Samsung Galaxy yang menamakannya dengan All Share atau Samsung Link, sementara di hp Android kebanyakan fitur Miracast disebut dengan "Wireless display".

Jika hp Android kamu sudah dipastikan memiliki fitur Miracast, sekarang saatnya melihat dukungan fitur tersebut pada perangkat TV kamu. Jika TV di rumah kamu tidak memiliki Miracast, maka kamu perlu membeli sebuah dongle tambahan.
Jika persiapan di atas sudah kamu lakukan, sekarang waktunya menghubungkan hp Android ke TV. Adapun tiga opsi di bawah ini bisa kamu gunakan untuk menghubungkan hp Android ke TV, diantaranya:

Untuk menyambungkan hp ke TV melalui cara ini tidak diperlukan aplikasi TV out. Kamu cukup menyediakan kabel tapi bukan sembarang kabel. Periksa jenis kabel apa yang ujungnya sesuai dengan port di hp Android kamu. Perhatikan dua jenis kabel di bawah ini mana yang sesuai dengan hp kamu.
  1. Kabel Micro HDMI ke HDMI
  2. Kabel MHL yang memiliki dua konektor, Micro USB ke HDMI. Pastikan pula hp Android kamu mendukung fitur MHL, karena tidak semuanya menyediakan dukungan teknologi ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger