10 Ide Peluang Usaha Modal Kecil untuk Mahasiswa

Diposting oleh
Date : Sabtu, 05 Oktober 2019
Mahasiswa saat ini tidak hanya aktif kuliah dan berorganisasi. Ada banyak mahasiswa yang juga aktif merintis usahanya. Mereka adalah seseorang yang ingin bisa mandiri dan memiliki mimpi suatu hari nanti bisa membayar uang kuliah mereka dengan usaha yang dimiliki. Nah, buat kamu para mahasiswa yang ingin belajar mandiri atau memiliki tambahan uang jajan, berikut kami berikan 10 ide peluang usaha modal kecil yang bisa dijalani mahasiswa tanpa mengganggu kuliahnya.


1. Jual pulsa elektrik dan paket data

Mahasiswa sering dibuat bingung ketika harus memilih provider untuk paket internet mereka. Mereka biasanya mencari provider yang menawarkan paket internet harga murah dengan kuota yang melimpah. Hal ini bisa kamu jadikan kesempatan untuk menggaet pasar. Berbekal rayuan dan review produk dari provider yang ada, kamu bisa mempengaruhi teman-teman kamu untuk membeli pulsa dan paket data di kamu saja.

Jadi, jualan pulsa dan paket data jangan asal jualan saja. Kamu juga perlu tahu layanan yang ditawarkan oleh masing-masing provider dan keuntungan yang diberikan kepada pemakainya. Kalau kamu bisa menjelaskan dengan baik, bukan tidak mungkin daganganmu akan laris manis setiap hari.

2. Online shop

Usaha online shop memang sudah banyak yang melakoninya. Tidak hanya mahasiswa, bahkan yang masih berstatus sebagai pelajar sekolah hingga para pensiunan juga banyak melakoni usaha ini. Selain mudah dan tidak membutuhkan modal terlalu banyak, usaha online shop juga menjanjikan laba yang tidak sedikit.

Kamu juga bisa masuk menjadi salah satu pelaku usaha online shop ini. Kamu bisa berjualan baju, tas, sepatu, atau barang-barang lain yang sesuai dengan minat kamu. Jika ditekuni dengan baik, usaha ini akan menghasilkan profit yang tidak main-main.

3. Bimbingan belajar

Jika kamu suka mengajar, atau bercita-cita jadi guru, atau suka dengan anak kecil, atau alasan lainnya, kamu bisa membuka usaha bimbingan belajar untuk anak sekolah. Kamu bisa menawarkan dirimu untuk memberi les privat kepada anak-anak sekolah.

Untuk satu kali pertemuan, durasinya kurang lebih satu hingga satu setengah jam. Dalam satu hari, kamu bisa memberi les privat kepada 2 sampai 3 anak yang berbeda. Bayarannya lumayan lho. Untuk satu kali pertemuan bisa mencapai Rp 50 Ribu per anak.

4. Berjualan makanan kecil

Kelas yang jauh dari kantin bisa kamu manfaatkan untuk berjualan makanan kecil di kampus. Bawa beberapa jenis makanan kecil sekaligus dan tawarkan kepada teman-teman kamu. Sebelum mencapai target yang kamu tentukan sendiri, kamu tidak boleh ikut memakannya tanpa membayar. Kontrol diri ini penting agar kerugian bisa ditekan hanya gara-gara makanan yang kamu jual malah kamu makan sendiri.

Selain ditawarkan langsung kepada teman-teman sekelas, kamu juga bisa menitipkannya di kantin kejujuran. Meskipun rumornya kantin kejujuran ini lebih banyak ruginya daripada untungnya. Kalau kamu meragukan kantin kejujuran, kamu bisa menitipkannya ke penjual yang ada di kantin.

5. Jasa penerjemahan

Kemampuan yang kamu miliki dalam menguasai bahasa asing bisa kamu manfaatkan untuk membuka jasa penerjemahan. Kamu bisa menawarkan jasamu kepada teman-teman dan koneksi yang kamu miliki. Untuk menambah klien, kamu bisa mencari job di situs-situs freelance yang ada. Terkait bayarannya, kamu yang tentukan sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memiliki rate harga agar lebih mudah dalam menentukan harga ketika mendapat job.

6. Jasa desain grafis

Kemampuan lainnya yang bisa kamu gunakan untuk membuka peluang usaha modal kecil adalah dengan menjadi desainer grafis. Saat ini, jasa desain grafis sangat dibutuhkan oleh masyarakat. Apalagi kamu berada di lingkungan kampus yang kompleks.

7. Jasa tour and travel

Selanjutnya adalah jasa tour and travel. Kalau kamu berkuliah di kota yang memiliki banyak potensi wisata, kamu bisa menawarkan jasa untuk menjadi tour guide. Apalagi jika kamu fasih berbahasa Inggris atau bahasa asing lainnya. Wah, bisa liburan gratis bareng bule dan dibayar pula.

8. Fotografi

Punya kamera yang bagus jangan dianggurin di kamar saja. Kalau kamu memiliki skill fotografi yang bagus, kamu bisa menawarkan jasa fotografi untuk acara-acara tertentu seperti wisuda. Kalau masih ragu dengan kemampuan diri, kamu bisa menyewakan kamera yang kamu miliki dengan tarif tertentu. Lumayan, kan?

9. Jasa penulisan

Hobi nulis juga bisa kamu salurkan untuk mendapatkan uang jajan tambahan. Kamu bisa mengelola blog dan mendapatkan dari blog tersebut. Bisa juga menjadi penulis lepas dan mencari job dari situs-situs freelance yang ada.

10. Jasa percetakan

Kalau kamu merasa tidak memiliki bakat apapun, jangan patah semangat dulu. Berbekal printer yang kamu miliki, kamu bisa membuka jasa percetakan lho. mahasiswa identik dengan tugas yang banyak. Nah, kamu bisa menawarkan jasa nge-print tugas ke temen-temen kamu.

Demikian 10 peluang usaha modal kecil untuk mahasiswa. Tidak perlu jauh-jauh berpikir untuk mendirikan kedai kopi atau tempat nongkrong hits lainnya. Kalau kamu peka dengan kemampuan diri dan keadaan sekitar, kamu bisa menciptakan peluang dan konsumenmu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger