Kesadaran Masyarakat Membangun Medan Tertib Berlalulintas

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Sabtu, 26 Agustus 2017
Lalu lintas menjadi salah permasalahan yang selalu dihadapi oleh setiap kota di Indonesia. Apalagi kota besar dengan perkembangan penduduk serta perekonomian yang tinggi tentunya memiliki jumlah kendaraan bermotor yang sangat padat dan slit diatur. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, masyarakat mulai sadar dengan apa yang harus dilakukan dijalan raya. Menaati peraturan tidak semata-mata untuk membuat kita tidak melanggar peraturan kepolisian saja. Rambu lalu lintas dibuat dengan tujuan yang menguntungkan bagi kita, para pengguna jalan. Dengan menaati peraturan dan rambu lalu lintas akan membawa Anda berkendara dengan aman. Tidak hanya aman bagi diri sendiri tetapi juga aman bagi pengendara lain dan masyarakat sekitar. Salah satu kota metropolitan yang dapat menjadi salah satu inspirasi dalam hal tertib lalulintas adalah Medan.


Kesadaran akan tertib lalu lintas tidak hanya harus dimiliki oleh para pengendara kendaraan bermotor saja. Para pejalan kaki dan pengguna jalan lainnya juga harus paham mengenai peraturan apa saja yang harus ditaati oleh mereka. Hal pertama yang paling krusial misalnya adalah penggunaan bahu trotoar untuk sarana usaha. Hal ini harus mulai dikurangi karena tujuan dibangunnya pedestrian dan trotoar adalah untuk memfasilitasi pejalan kaki agar tidak berjalan di bahu jalan raya karena hal tersebut akan membahayakan pejalan kaki tersebut. Kesadaran ini harus ditingkatkan agar tertib lalu lintas dapat terwujud.

Selain itu, masalah penyeberangan jalan juga menjadi penting. Sebagai pejalan kaki, menyeberang yang baik adalah di tempat penyeberangan jalan yang sudah tersedia. Adapun bentuk tempat penyeberangan jalan dapat berbentuk jembatan penyeberangan atau zebra cross. Menyeberang jalan di sembarang tempat dapat berbahaya bagi si pejalan kaki dan para pengguna jalan raya lainnya. Polisi lalu lintas sebagai aparat yang terjun langsung melakukan berbagai macam rekayasa lalu lintas dan menegakkan peraturan pemerintah memegang peranan yang penting.

Peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya menaati peraturan dan rambu jalan juga menjadi hal yang harus dilakukan. Peran pemerintah daerah dalam membangun sarana dan pra sarana dalam rangka meningkatkan ketertiban masyarakat dalam berkendara juga sangat penting. Kerjasama setiap elemen dibantu dengan elemen lainnya dapat mewujudkan kota tertib lalu lintas seperti yang dirasakan sekarang ini.


Medan sebagai kota yang sudah mulai tertib berlalulintas tentunya masih harus mengembangkan berbagai hal agar dapat membuat lalu lintas di kota tersebut semakin berkembang ke arah yang lebih baik. Namun, dilihat dari perkembangannya, Medan menjadi salah satu kota yang sukses dalam mengembangkan diri menjadi kota tertib lalu lintas dan menginspirasi banyak orang. Seperti peran dan inspirasi 60 tahun Astra yang juga menjadi salah satu hal membanggakan. Medan menjadi salah satu kota yang dapat berkembang menjadi yang terbaik setiap tahunnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger