Mengatasi Alergi Susu Sapi pada Bayi

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Selasa, 26 Desember 2017
Kini Anda tak perlu khawatir karena ada cara ampuh untuk mengatasi alergi susu sapi pada bayi. Kebutuhan nutrisi pada buah hati Anda tentu saja begitu besar saat ia dalammasa pertumbuhan. Sedangkan salah satu asupan yang umumnya diberikan pada buah hati Anda yang berada pada usia balita ialah susu sapi. Akan tetapi ada saja kondisi dimana ternyata buah hati Anda mengalami alergi terhadap susu sapi dan hal ini menyebabkan berbagai permasalahan pada kesehatannya. Namun sekali lagi, Anda tak perlu khawatir karena Anda bisa segera mengatasinya dengan langkah-langkah berikut ini.


Sebelum membahas mengenai cara untuk mengatasi alergi susu tak ada salahnya bila Anda juga perlu untuk mengetahui apa itu alergi susu sapi. Sebenarnya alergi ini terjadi akibat dari reaksi dari protein yang masuk ke dalam tubuh dan mengakibatkan sistem kekebalan mengalami kebingungan. Hingga akhirnya tubuh mengeluarkan sinyal-sinyal yang menandakan bahwa buah hati anda ternyata mengalami alergi. Meskipun alergi susu ini sebenarnya merupakan satu kondisi yang biasa saja akan tetapi kadang ada pula satu kondisi dimana alergi susu ini menyebabkan kesehatan buah hati Anda juga berada dalam masalah yang serius.

Pada akhirnya alergi susu ini akan menimbulkan berbagai gejala sebagai tanda-tandanya. Diantaranya ialah seperti buah hati Anda muntah, sering sekali meludah, mengalami diare yang begitu parah, muncul bintik-bintik merah, batuk, dan lain sebagainya. Lalu bagaimana cara mengatasi alergi susu yang tepat? Diantaranya ialah sebagai berikut:

1. Hindari dan hentikan penghentian konsumsi semua produk makanan yang mengandung susu sapi untuk buah hati Anda

Setelah Anda yakin bahwa buah hati Anda terkena alergi susu sapi dan hal ini dibuktikan dengan diagnosis dari dokter, maka tak ada lagi alasan bagi Anda untuk tidak menghentikan konsumsi produk susu sapi bagi buah hati Anda. Anda harus mulai untuk selektif dalam memilih menu asupan bagi anak Anda salah satunya ialah dengan teliti melihat komposisi pada produk yang akan Anda gunakan.

2. Berikan produk pengganti susu sapi

Setelah mengetahui kondisi pada buah hati anda, maka sangat disarankan Anda mencari informasi mengenai produk apa saja yang tidak menggunakansusu sapi. Cobalah cari rekomendasi baikdari keluarga, kerabat, dokter, dan lain sebagainya. Perlu diingat pula bila Anda berpikir bahwa susu kedelai bisa menjadi satu pengganti, maka Anda salah. Karena susu kedelai tidak cocok dijadikan pengganti susu sapi terutama bagi buah hati yang sedang dalam usia kurang dari 6 bulan.

3. Sebagai rekomendasi Anda bisa menggunakan susu formula Ekstensif Hidrolis

Susu formula ekstensif dihidrolis ini adalah susu yang diformulasikan dengan jenis protein yang proses pembauran atau pemecahannya lebih mudah sehingga akan bisa diterima oleh tubuh buah hati Anda. Dan karena kondisi protein yang tidak sekuat susu pada umumnya, susu ekstensif hidrolis ini tidak akan mempengaruhi sisitem kekebalan tubuh buah hati Anda.

4. Ibu mulai menghindari konsumsi produk susu sapi

Bagi Anda yang masih memberikan ASI eksklusif, maka sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi susu sapi demi kesehatan buah hati Anda. Karena alergi maupun protein dari susu sapi bisa saja tersalurkan kepada buah hati Anda melewati ASI yang dikonsumsinya. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk menghindari produk susu sapi terutama saat Anda tengah menyusui.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger