Sukanto Tanoto Dorong Peningkatan Kualitas Guru Bersama Ruangguru

Diposting oleh
Date : Minggu, 12 Januari 2020
Pendidikan merupakan salah satu tonggak terwujudnya peradaban yang maju. Melalui pendidikan, kualitas sumber daya manusia sebagai penggerak peradaban diasah. Peran guru dalam meningkatkan kualitas pendidikan di suatu negara pun menjadi penting. Untuk alasan itulah, Sukanto Tanoto melalui Tanoto Foundation begitu peduli pada dunia pendidikan di tanah air.


Sejak pertama kali berdiri pada tahun 1981, Tanoto Foundation sudah meletakkan fokus utamanya pada dunia pendidikan. Dimulai dengan membangun TK dan SD di Besitang, Sumatera Utara, organisasi filantropi independen yang dibangun Sukanto Tanoto dan istri ini terus berinovasi demi membuka akses pendidikan berkualitas kepada anak-anak Indonesia. Kualitas guru juga menjadi perhatian dalam mewujudkan tujuan tersebut. Inilah yang kemudian mendorong Tanoto Foundation untuk bekerja sama dengan Ruangguru.

Fakta Miris Dunia Pendidikan Indonesia

Sebagai sebuah negara dengan jumlah penduduk mencapai 267 juta jiwa, Indonesia sebenarnya memiliki potensi besar untuk berkembang menjadi negara maju. Sayangnya, ada ketimpangan yang cukup serius antara kuantitas dan kualitas sumber daya manusia Indonesia. Kualitas yang dinilai masih kalah dibanding negara-negara tetangga ini pun tidak lepas dari kualitas pendidikan Indonesia yang juga masih terbilang rendah.

Mengacu pada data UNESCO tahun 2016, kualitas pendidikan Indonesia berada di posisi ke-10 dari 14 negara berkembang yang ada di dunia. Penyebab rendahnya kualitas pendidikan ini salah satunya adalah karena standar kualitas guru di Indonesia yang juga rendah.

Dari 14 negara berkembang di dunia, kualitas guru Indonesia menempati peringkat ke-14. Menjadi posisi terakhir dalam aspek kualitas guru tentu menjadi pukulan telak bagi Indonesia sebagai sebuah bangsa. Padahal, melalui guru inilah pendidikan Indonesia digerakkan.

Kondisi tersebut membuat Sukanto Tanoto tergerak untuk turut mengembangkan kualitas guru Indonesia. Inilah yang kemudian mendorong Tanoto Foundation untuk menjalin kerja sama dengan Ruangguru.

Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Guru

Kehadiran teknologi informasi telah membawa perubahan besar bagi peradaban manusia. Teknologi memudahkan orang untuk mencari informasi. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi ini bahkan bisa menjadi alat yang ampuh untuk mengembangkan pengetahuan dan kemampuan guru dalam menggerakkan roda pendidikan.

Hal tersebut menjadi landasan Tanoto Foundation dalam mengembangkan kualitas tenaga pendidik di Indonesia. Untuk itulah, organisasi filantropi bentukan Sukanto dan istri ini bekerja sama dengan Ruangguru.

Sebagai platform bimbingan belajar online, Ruangguru memiliki apa yang dibutuhkan oleh Tanoto Foundation. Ruangbelajar yang dimilikinya bisa menjadi media sempurna untuk menyebarkan modul pelatihan kepada guru binaan.

Guru binaan Tanoto Foundation juga bisa mengakses materi tersebut dengan mudah. Pelatihan secara tatap muka tidak lagi menjadi satu-satunya cara untuk mentransfer ilmu. Berbekal smartphone atau tablet, guru bisa mempelajari materi pelatihan kapanpun dan di manapun.

Membuka Peluang Pengembangan Metode Pendidikan dengan Teknologi

Pemanfaatan teknologi informasi, khususnya platform belajar Ruangguru juga membantu beberapa guru binaan Tanoto Foundation agar lebih fasih dalam memanfaatkan teknologi. Sudah menjadi rahasia umum, masih banyak guru yang belum terbiasa dalam menggunakan teknologi, terlebih dalam kegiatan belajar mengajar.

Dengan terjalinnya kerja sama antara Tanoto Foundation dan Ruangguru ini, nantinya diharapkan para guru binaan bisa memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan diri. Tidak hanya terbatas pada mengikuti modul pelatihan yang diberikan, para guru binaan juga diharapkan bisa memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kemampuannya secara mandiri.

Lebih jauh lagi, Sukanto Tanoto dan Tanoto Foundation juga berharap agar peningkatan kualitas guru dapat memancing lahirnya metode belajar mengajar yang modern dan lebih efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger