Harga Helm Sepeda Mahal Bukan Jaminan Memenuhi Standard Keamanan

Diposting oleh
Date : Selasa, 02 Februari 2016
Motor memang menjadi kendaraan yang paling memadati jalan raya, bahkan bisa dikatakan bahwa hampir semua orang memiliki produk kendaraan ini, selain harganya yang lebih murah dari mobil juga karena kemudahan menggunakan dan bebas dari kemacetan. Hanya saja perlu diketahui bahwa pengendara motor lebih rawan terhadap kecelakaan dibandingkan kendaraan roda empat, mengingat standard keamanannya sangatlah longgar, cukup dengan menggunakan helm maka Anda sudah bisa berkendara dengan bebas. Produk yang satu ini bisa dengan mudah kamu jumpai di pasaran, harga helm sepeda sendiri cukup murah, namun ternyata tak semuanya lolos dalam uji standard kelayakan.

Helm
Helm

Sebagai seorang pengendara kamu juga harus lebih hati-hati dalam pemilihan, karena ini bersangkutan dengan nyawa pengguna, pada dasarnya helm memang diciptakan untuk melindungi bagian kepala dari hantaman yang cukup keras. Namun perlu diketahui jika tak semua bahan pembuatannya memenuhi standard yang sudah ada.

Jika umumnya pengendara mobil harus menggunakan sabuk pengaman dan tak berkendara sambil memainkan perangkat elektroniknya, maka tak jauh berbeda dengan pengguna kendaraan roda 2, diwajibkan bagi setiap orang untuk selalu menggunakan helm agar terhindar dari resiko fatal saat terjadi kecelakaan. Mengingat kepala adalah bagian paling vital bagi tubuh manusia saat ada benturan keras yang dialami pasti berdampak pada organ tubuh lainnya, sebagaimana ada syaraf yang mengatur kinerja koordinasi tubuh. lebih baik memilih membeli harga helm sepeda mahal namun berkualitas dibandingkan murahan.

Nah berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui terkait dengan standard helm berkualitas, yaitu:

  1. Ukuran proporsional, pastikan bahwa Anda memilih sesuai dengan ukuran kepala, tidak terlalu kecil sehingga nampak menyakitkan saat digunakan, juga tidak terlalu longgar, karena akan mudah terlepas saat kamu mengalami benturan keras.
  2. Memiliki tekstur yang keras, tidak lentur, atau bagian dalamnya tak terisi dengan baik oleh busa pelindung, helm memiliki tekstur keras di bagian luar namun nyaman digunakan di dalamnya, itulah standard yang baik.
  3. Jarak yang diberikan untuk mulut pemakai dengan ujung helm berkisar antara 1-1,5 cm.
  4. Memiliki ketebalan kaca antara 2-3 mm, ukuran ini tak terlalu tipis maupun terlalu tebal.
  5. Bahan pembuatnya adalah plastik dan karbon kevlar, namun bahan tersebut harus dapat melindungi dari benturan.
  6. Pada bagian pelapis busa paling tidak ketebalan stereofomnya adalah 1 cm.
Helm yang baik memenuhi 6 standard tersebut. Umumnya tak semua helm berkualitas memiliki harga mahal, ada banyak harga helm sepeda murah namun aman digunakan. Pembedanya adalah dari nama brand atau merk saja, semakin terkenal maka bisa dipastikan bahwa harga yang ditawarkan kian mahal.
© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger