Waspadai Bahaya Daging Babi Bagi Kesehatan

Diposting oleh
Date : Selasa, 02 Agustus 2016
Tahukah Anda bahwasannya daging babi sangat berbahaya bagi kesehatan kita, lho. Babi adalah salah satu hewan yang dagingnya memang diharamkan untuk bisa dikonsumsi bagi umat muslim di dunia, asalannya adalah daging babi ini adalah hewan yang kotor dan bisa memicu berbagai macam jenis penyakit bagi manusia. Penyataan tersebut juga semakin dikuatkan dengan hasil penelitian yang telah dilakukan di negara Timur dan Barat, yakni China dan Swedia, yang tengah menyebutkan bahwa daging babi mempunyai banyak sekali kandungan parasit, bakteri, dan juga virus yang pastinya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Bagi Anda yang suka sekali mengkonsumsi daging babi mempunyai potensi yang besar untuk mengidap berbagai macam penyakit. Hal tersebut karena parasit, bakteri, dan juga virus yang ada di dalam daging babi. Babi juga merupakan perantara dari penyebaran berbagai virus dan bakteri yang dapat menyebabkan penyakit TORCH yang berbahaya bagi ibu hamil. Lantas, apa saja sih bahaya dari daging bagi bagi kesehatan serta penyakit yang bisa ditimbulkan dari mengkonsumsi daging babi tersebut? Berikut adalah penjelasan selengkapnya.

Bahaya dan penyakit yang disebabkan oleh daging babi



Cacing pita

Ini adalah salah satu jenis penyakit dari bahayanya mengkonsumsi daging babi bagi kesehatan. Cacing pita ini berasal dari daging babi kemudian akan masuk ke dalam tubuh manusia dengan cara dikonsumsi ini akan sangat berbagaya. Yang mana bisa menguras nutrein yang ada di dalam saluran pencernaan. Maka dengan demikian akan ada banyak penderita yang mengalami kurang gizi dan masih ada banyak lagi penyakit lainnya.

Radang paru-paru

Penyakit yang disebabkan oleh daging babi selanjutnya adalah radang paru-paru atau pun paragonimiasis. Yang mana jenis penyakit ini terjadi karena disebabkan oleh parasit yang ada di dalam daging babi tersebut. Adapun jenis parasitnya adalah p. Westermani dan juga Pulpanoris yang mempunyai potensi menyerang paru-paru dan juga bisa menyebabkan peradangan yang parah, apabila penyakit radang paru-paru ini tidak segera ditangani dengan cepat dan benar, maka akan berakibat pada kematian, sehingga sangat berbahaya sekali jika Anda terlalu sering mengkonsumsi daging babi tersebut.

Balantidiasis

Penyakit yang berbahaya dari mengkonsumsi daging babi selanjutnya adalah balantidiasis. Parasit ini merupakan protozoa yang ada di dalam sekum dan juga usus besar babi yang sedang berkembangbiak dengan sangat baik di saluran pencernaan. Parasit ini sendiri bila masuk ke dalam tubuh manusia, maka akan mengakibatkan disentri akut dan juga mampu menurun pada organ vital manusia.

Sebabkan berat badan berlebih

Bahaya selanjutnya dari mengkonsumsi daging babi bagi kesehatan adalah bisa sebabkan berat badan berlebih atau pun obesitas. Apabila dibandingkan dengan daging lain, daging babi ini adalah salah satu jenis daging yang kaya kandungan lemak. Kandungan lemak yang cukup tinggi ini nantinya bisa sebabkan obesitas. Dan obesitas ini adalah suatu kondisi yang bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya dan juga mematikan. Seperti penyakit diabetes, penyakit jantung, penyakit stroke, dan juga tekanan darah tinggi.

Bisa menghambat peredaran darah

Bahaya daging babi bagi kesehatan selanjutnya adalah bisa menghambat peredaran darah. Biasanya daging babi ini juga kaya akan nutrisi seperti selenium dan zat besi yang bisa melancarkan peredaran darah, tapi walaupun demikian, kandungan lemak yang ada di dalam daging babi ini ternyata juga bisa sebabkan terjadinya penyumbatan pembuluh darah. Dan penyumbatan pembuluh darah ini bisa memicu berbagai macam penyakit berbahaya, seperti penyakit stroke, penyakit jantung koroner, bahkan kematian. Hal tersebut karena pada saat peredaran darag terhambat bisa sebabkan pasokan oksigen dan darah yang menuju ke organ tubuh jadi terganggu. Dan pastinya kondisi yang seperti ini bisa menjadikan kinerja organ tubuh jadi tidak optimal.

Meningkatkan kadar kolesterol

Seperti yang kami jelaskan di atas bahwasannya kandungan lemak yang dimiliki daging babi ini sangat tinggi, tentu akan berakibat buruk bagi kesehatan kita. Selain bisa sebabkan obesitas, kadar lemak yang tinggi ini juga bisa sebabkan meningkatnya kolesterol. Kadar kolesterol tersebut bisa sebabkan berbagai macam penyakit kronis, mulai dari sesak nafas, penyumbatan pembuluh darajh, jantung koroner, kurang berkonsentrasi, asam urat, dan stroke.

Itulah tadi bahaya daging babi bagi kesehatan yang harus diwaspadai yang bisa kami informasikan. Semoga saja informasi tersebut bermanfaat bagi Anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger