Asupan Nutrisi untuk Ibu Hamil

Diposting oleh
Date : Rabu, 08 Februari 2017
Mual pada awal kehamilan memang hal yang lumrah. Meski memang gak semua ibu hamil mengalami mual dan muntah. Tapi kebanyakan memang begitu. Beberapa kali hamil saya memang selalu merasa mual, dari mulai mual biasa hingga mual hebat. Dan tiap kehamilan cara mengatasi mualnya hampir sama. Caranya sangat mudah, cukup dengan rujakan dengan mangga muda, hihi. Selain itu saya juga mengkonsumsi buah-buahan lainnya sebagai asupan nutrisi untuk ibu hamil.

Memang sih paling enak saat hamil itu ya makan buah-buahan. Entah itu pas hamil pertama bahkan sampai hamil yang sekarang ini. Rasanya gak lega kalau gak makan buah sehari. Tapi saya bersyukur karena saya gak diberi ngidam yang gak sehat atau ngidam yang aneh. Masih dalam batas wajar dan malah menyehatkan.

Hamil kali ini saya gak terlalu bersemangat makan daging. Sehingga akhirnya tekanan darah saya rendah dan dokter menyarankan untuk mempersering mengkonsumsi daging untuk nutrisi ibu hamil. Meski gak bersemangat makan daging bukan artinya saya gak mau makan daging sama sekali. Hanya saja daging harus diolah dengan sayuran barulah saya bisa makan dengan lahap. Mitosnya sih kalau gak suka makan daging anaknya nanti perempuan. Saya sih gak percaya, toh pas hamil pertama saya doyan banget makan daging anaknya juga perempuan kok, hihi.

Nutrisi Untuk Ibu Hamil

Selama hamil saya selalu berusaha untuk banyak minum dan juga mengkonsumsi buah setiap hari. Makan sayur juga selalu diusahakan setiap hari. Dan kalau bisa sayurnya gak terlalu matang agar nustrisi di dalam sayurnya gak hilang.

buah-buahan-segar
Buah segar bagus untuk masa kehamilan.

Buah yang paling saya cari tiap kali hamil adalah mangga muda. Rasanya kalau gak makan mangga muda kok pengen muntah terus. Tapi lama-lama saya lebih fleksible pokoknya makan buah gak harus pencit juga bisa menghilangkan mual.

Dokter juga menyarankan mengkonsumsi susu setiap hari untuk mencegah ibu hamil dari anemia. Susu yang dikonsumsi bisa berupa susu hamil atau pun susu sapi segar. Pokoknya tergantung enaknya gimana. Apalagi kadang ada orang yang memang gak suka minum susu hamil jadi bisa pilih susu sapi segar. Tapi karena banyak sekali macam-macam nutrisi untuk ibu hamil. Dan terkadang sulit juga untuk memenuhinya dalam sehari.  Saya lebih memilih susu hamil untuk melengkapi nutrisi selama kehamilan.

Selain susu juga disarankan menkonsumsi daging sebagai asupan nutrisi untuk ibu hamil muda. Apalagi di awal kehamilan, ibu hamil rentan sekali terkena anemia. Tapi jangan lupa ya untuk mengolah daging dengan kematangan yang pas. Jangan sampai kurang matang karena justru bisa berbahaya bagi janin.

Minum air kelapa saat hamil juga bagus loh. Selain untuk menambah cairan pada tubuh, katanya sih air kelapa bisa bikin ketuban jadi bagus. Sehingga sering disarankan sebagai nutrisi untuk ibu hamil trimester 3.

Makanan yang Harus Di Hindari Saat Hamil

Setelah mengetahui hamil, saya memang berhati-hati dalam makan sesuatu. Saya menghindari makanan yang mengandung pemanis buatan, menghindari petis, dan mengurangi mengkonsumsi mi instan. Kalau minum kopi atau soda saya memang jarang sekali semenjak bermasalah dengan lambung. Jadi memang hamil gak hamil tetep gak minum kopi.

secangkir-kopi
Sebaiknya kopi dihindari selama masa kehamilan.

Makanan yang mengandung MSG tinggi juga perlu dihindari. Pengalaman saya sih MSG itu memperparah rasa mual saat awal kehamilan. Jadi kalau mual-mual mendingan hindari makan cemilan atau masakan yang mengandung MSG tinggi.

Gak hanya itu saat hamil kalau bisa menghindari mengkonsumsi saos abal-abal. Karena kandungan saos ini banyak banget yang gak baik untuk tubuh. Jangankan ibu hamil, orang normal aja kalau bisa jangan terlalu sering mengkonsumsi saos abal-abal ini.

Jadi selama masa kehamilan jaga baik-baik pola makan ya!

3 komentar:

  1. aku gak suka kopi, tapi pas hamil kenapa justeru suka banget cium aroma kopi yak

    BalasHapus
  2. Selama masa kehamilan asupan gizi memang harus semakin diperhatikan

    BalasHapus
  3. Walah, adikku hamil. Sembarang dimakan. :( Akhirnya masuk rs, katanya ususnya infeksi. Untuk si kecil gak papa.

    BalasHapus

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger