Harga Sepeda dan 5 Kesalahan yang Kerap Dilakukan Saat Menggunakan Sepeda

Diposkan oleh
Date : Senin, 27 Februari 2017
Bersepeda termasuk olahraga yang sederhana, namun bisa memberikan manfaat yang begitu kaya. Banyak yang sudah merasakan betapa manfaat dari bersepeda ini begitu besar untuk kesehatan jangka panjangnya. Itulah mengapa pecinta sepeda tersebar dimana-mana mulai dari anak-anak bahkan hingga yang sudah berumur. Jenis dan harga sepeda yang mereka miliki pun sangat bervariatif. Umumnya para pecinta sepeda memiliki nama kelompok masing-masing dan kerap mengadakan tour bersama untuk bisa mengakrabkan diri antar sesama anggotanya.



Untuk yang sudah sangat berpengalaman dengan sepeda, maka pasti sudah tahu seluk beluk sepeda mulai dari harga sepeda, jenis aksesoris, hingga bagaimana cara agar bersepeda bisa aman dan nyaman selalu meski menempuh perjalanan yang cukup panjang. Namun hal ini berbeda dengan para pesepeda pemula dimana kerapkali melakukan kesalahan dalam aktivitas bersepeda yang memungkinkan terjadinya cedera atau bahkan merugikan orang di sekitarnya. Lalu apa saja kesalahan yang kerap dilakukan pesepeda? Berikut ini ulasannya:

1. Tidak Mengatur Rasio Gear

Ini menjadi kesalahan yang paling umum dilakukan oleh banyak sekali pesepeda. Bahkan beberapa pesepeda yang sudah handal pun kerap melupakan untuk mengatur rasio gear terlebih dulu. Pengaturan terhadap rasio gear ini bermanfaat agar setiap pesepeda tidak membuang tenaga dan energi di rasio yang salah. Umumnya rasio yang dianggap paling aman adalah pada 60 sampai 80rpm. Dengan begitu, juga bisa menghindarkan dari efek cedera otot yang kerap membayangi pesepeda.

2. Abai Terhadap Peralatan Keamanan

Apakah Anda salah satu pesepeda yang kerap tidak memakai peralatan keamanan? Jika iya, maka ubahlah kebiasaan ini dari sekarang. Peralatan keselamatan dalam bersepeda berupa helm, lampu beserta tambahan lainnya sangat penting untuk menjaga keamanan Anda sendiri selama bersepeda. Dengan perlengkapan keamanan yang mendukung, maka hal ini bisa lebih meminimalisir cedera yang mungkin timbul.

3. Tinggi Sadel

Kesalahan paling umum yang kerap dilakukan oleh para pesepeda pemula adalah dimana sadel yang dipakai terlalu tinggi atau sebaliknya. Setting sadel yang tidak tepat seperti ini bisa menjadi pemicu utama kelelahan kala bersepeda. Pastikan agar tinggi sadel tersebut memang sesuai dengan tinggi badan Anda dan juga kenyamanan sehingga aktivitas bersepeda pun bisa lebih nyaman.

4. Mengerem Saat Menikung

Beberapa pemula dalam bersepeda kerap melakukan rem mendadak saat melewati jalan tikungan. Hal ini sebetulnya sangat salah lantaran bisa mengakibatkan tergelincir atau bahkan menabrak ke pesepeda lainnya. Untuk itu, para pesepeda harus mengetahui cara mengerem yang benar ketika di jalan menikung. Caranya adalah dengan melambat kan laju sepeda terlebih dulu dan kemudian melakukan rem secara berkala sesuai dengan kebutuhan.

5. Melawan Arus Lalu Lintas

Hal ini sangat mudah ditemukan di jalanan. Para pesepeda kerapkali tidak merasa bahwa mereka adalah bagian dari pengguna jalan yang wajib mengikuti aturan lalu lintas. Hal ini mengakibatkan banyak pesepeda yang kerap melawan arus lalu lintas di jalanan yang beresiko membahayakan diri sendiri dan bahkan juga orang lain. Fakta menunjukkan bahwa pengendara yang mengendarai kendaraan dan melawan arus lalu lintas akan 3x lebih berpotensi untuk mengalami kecelakaan.

Itulah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan oleh para pesepeda dalam kehidupan sehari-hari. Harga sepeda yang mahal bukan menjadi faktor utama dalam keselamatan dan kenyamanan bersepeda. Hal ini bisa dicapai dengan mengikuti aturan yang ada serta memakai alat keselamatan sesuai kebutuhan.

1 komentar:

  1. Kalau urusan sepeda saya serahkan ke suami yang hobi banget :)

    BalasHapus

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger