5 Tips Aman Belanja Pakaian Lewat Online

Diposting oleh
Date : Sabtu, 27 Januari 2018
Tak dapat dipungkiri, belanja online kini lebih diminati daripada belanja offline. Salah satu poin plus belanja online yaitu kita dapat menemukan produk pakaian yang kita inginkan dengan sangat mudah. Kamu tinggal cek menu atau scrolling hingga semua foto pakaian terlihat. Tak hanya itu, kamu ‘pun bisa melihat spesifikasi item pakaian dengan sangat detail. Sayangnya, semua hal yang mendetail mengenai produk pakaian hanyalah bersifat imajinasi, karena pembeli tidak mengetahui dengan pasti fisik produk tersebut. Sebelum kamu belanja pakaian via online, sebaiknya kamu cek 5 tips aman belanja pakaian lewat online berikut ini.


1. Belilah Pakaian di Toko Online atau Marketplace yang Terpercaya

Belanja online memang sangat menyenangkan. Namun kamu mesti lebih fokus pada satu hal yaitu trust saat belanja online. Toko online atau marketplace yang berkualitas pasti memiliki tingkat kredibilitas yang tinggi. Jadi sebelum mengeluarkan uang untuk belanja pakaian, sebaiknya kamu cek dulu beberapa review toko online atau marketplace tertentu. Jika review berisikan hal-hal positif dan sangat sedikit komplain, maka toko online tersebut memang berkualitas. Salah satu opsi marketplace terpercaya yang bisa kamu gunakan yaitu Blibli. Kamu bisa memanfaatkan voucher Blibli untuk mendapatkan pakaian branded dengan harga lebih murah. Kamu ‘pun bisa browsing beberapa situs yang terafiliasi dengan Blibli untuk mendapatkan voucher Blibli 2017 dengan presentase yang lebih tinggi lagi.

2. Cek Size Chart

Jangan hanya karena gambarnya terlihat bagus, kamu langsung membeli produk pakaian tanpa melihat size chart-nya. Size chart ini merupakan ukuran detail pakaian yang terdiri dari lebar, panjang, dan lingkar dada. Pastikan produk pakaian yang kamu bidik sesuai dengan ukuran badanmu. Jangan sampai ketika sudah dibeli, eh ukurannya kurang pas atau bahkan tidak pas sama sekali. Jika online shop tidak memberikan size chart secara detail, maka kamu wajib bertanya pada pihak admin mengenai size chart yang lebih detail. Toko online dan marketplace yang trusted dan berkualitas pasti memberikan size chart yang lengkap.

3. Cek Detailnya

Jika kamu shopping di Instragram, maka kamu akan menemukan banyak sekali online shop yang tidak menyertakan foto pakaian secara detail. Agar semakin yakin mengenai produk pakaian tertentu, pastikan kamu melihat foto bagian depan, samping, dan juga belakang. Tidak hanya soal ukurannya, namun juga mengenai style pakaian. Terkadang style pakaian bagian depan tidak sesuai dengan style bagian belakangnya. Apalagi untuk pakaian wanita, terkadang style bagian depan tidak sesuai dengan style bagian belakang dan juga bagian samping. Jadi sangat penting untuk mengecek pakaian secara detail, mulai dari bagian depang, samping, hingga ke belakang.

4. Lakukan Komparasi Produk

Ketika belanja pakaian via online, sebaiknya jangan terlalu terburu-buru. Jika sudah ketemu pakaian yang diinginkan, maka jangan dibeli dulu (khususnya untuk produk masal). Lakukan komparasi dengan produk pakaian lain yang sejenis di toko online atau marketplace lainnya. Cek apakah ada perbedaan harga atau ‘pun penawaran diskon. Jika kamu lebih sabar dan terus melakukan komparasi, besar kemungkinan kamu bisa menemukan produk pakaian yang dibandrol lebih murah atau adanya potongan harga. Tak hanya untuk produk pakaian sejenis, kamu ‘pun mesti lebih lama lagi browsing beberapa produk pakaian.

5. Bertanya Pada Customer Service atau Admin

Jika kamu membutuhkan informasi yang lebih detail mengenai produk pakaian, jangan ragu untuk menghubungi customer service atau admin dari online shop. Pihak CS atau admin akan memberikan informasi sesuai dengan pertanyaan yang kamu ajukan. Jika pihak CS atau admin kurang responsif, sebaiknya kamu cancel pembelian karena hal tersebut menunjukan ketidakprofesionalan online shop tersebut. Belilah produk pakaian di online shop yang menyediakan CS atau admin yang benar-benar bekerja dengan profesional.

Belanja online memang lumayan berisiko, namun lewat bantuan beberapa tips diatas, kamu bisa terhindar dari yang namanya tindakan penipuan. Jika kamu kurang yakin dengan belanja online, ya kamu ‘pun bisa belanja di distro atau mall. Good luck dan happy shopping ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger