Pertolongan Pertama Untuk Kecelakaan Ringan Paling Tepat

Diposting oleh
Date : Senin, 29 Juli 2019
Kecelakaan memang bukanlah satu hal yang di inginkan apalagi di sukai oleh seseorang. Saat mengalami kecelakaan, seseorang akan mengalami dampak berupa luka fisik maupun psikologis. Untuk luka psikologis, Anda bisa menyembuhkannya melalui konsultasi kepada pihak psikolog. Namun untuk luka fisik, bisa di tangani dahulu dengan pertolongan pertama pada kecelakaan.


Pertolongan pertama seperti ini biasanya dilakukan dengan menutup luka yang terbuka dengan kasa agar luka tidak terinfeksi oleh bakteri maupun virus yang tersebar bebas di lingkungan bebas. Namun terkadang penanganan dengan kasa yang tidak tepat membuat kasa menempel di luka. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa menggunakan obat luka tidak lengket di kasa.

Kriteria Obat Yang Digunakan Saat Pertolongan Pertama

Dalam melakukan antisipasi awal atau pertolongan pertama pada seseorang saat terjadi kecelakaan Anda harus menyiapkan beberapa obat dasar yang bersifat melindungi atau melapisi luka sehingga tidak tercemar oleh kotoran yang mampu menyebabkan infeksi. Beberapa bahan yang digunakan dalam pertolongan pertama paling tidak harus memiliki bahan yang antialergi dan dekongestan.

Bahan antialergi memiliki fungsi agar saat orang yang terluka tidak mengalami efek reaksi obat yang menyebabkan nyawanya terancam akibat alergi beberapa kandungan bahan dalam obat pertolongan pertama yang sedang digunakan. Sedangkan dekongestan berfungsi untuk melancarkan saluran pernapasan. Sehingga pasien tidak mengalami penyumbatan saluran pernapasan saat terluka.

Beberapa bahan lain pun harus di miliki oleh beberapa jenis obat, bergantung pada jenis obat dan jenis penggunaannya. Terutama untuk obat luar, maka obat tersebut paling tidak harus mengandung bahan yang mampu mempercepat proses penggumpalan darah dan pembentukan benang fibrin agar luka cepat tertutup secara alami. Selain itu juga harus memiliki bahan antibakteri dan antiinfektan.

Oleh karena itu, Anda juga tidak boleh sembarangan dalam memilih dan menggunakan obat-obatan pertolongan pertama. Anda harus mengetahui tentang riwayat alergi, maupun jenis luka yang harus di obati. Jangan sampai karena ketidak pahaman maupun ketidak tahuan Anda dapat membahayakan nyawa Anda maupun orang lain yang sedang Anda tolong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger