Tips Mempersiapkan Tes IELTS untuk Pendaftaran Kuliah di Luar Negeri

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Sabtu, 13 Juli 2019
Melanjutkan studi keluar negeri menjadi impian dari sebagian besar orang, baik itu dari kawasan Eropa, Amerika, Australia ataupun hanya di Asia. Banyak sekali hal yang harus dipersiapkan sebelum mendaftarkan diri masuk dalam perguruan tinggi luar negeri. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa inggris. Sering sekali dalam persyaratan dikatakan perlunya tes IELTS yang bisa melalui IDP yang menjadi salah satu proses seleksi. Bisa dikatakan hampir semua kampus menerapkan hal tersebut, apalagi bagi Anda yang mengejar beasiswa.


International Language Testing System merupakan salah satu yang cukup penting selain dari TOEFL. Keduanya digunakan untuk mengetahui seberapa jauh kemampuan Anda dalam berbahasa Inggris. Meskipun pada kenyataannya tes tersebut bukan hanya digunakan untuk pendaftaran sekolah tinggi luar negeri tetapi untuk kerja dan beberapa keperluan lainnya juga diperlukan. Nah, jika sampai dengan saat ini Anda masih merasa kurang mampu dengan bahasa Inggris baik harus lakukan latihan rutin terlebih dahulu. Umumnya tes tersebut akan menghasilkan score, lalu score itulah yang akan menjadi pertimbangan apakah bisa masuk atau tidak.

Dalam satu university dengan lainnya memang tidak menerapkan score tes bahasa Inggris yang sama, tetapi rata-rata membutuhkan nilai yang tinggi. Nah, jika Anda baru akan melakukan tes tersebut perlu melakukan beberapa persiapan seperti berikut ini:

Pahami format tes

Ini merupakan salah satu yang paling penting sekali, sebelum memulai Anda harus paham terlebih dahulu seperti apa format tesnya. Karena TOEFL dengan internasional Language Testing System itu berbeda. Umumnya ada beberapa aspek yang harus dipahami terlebih dahulu seperti listening, reading, writing, sampai dengan speaking.

Perbanyak latihan

Untuk mendapatkan sertifikat tes IELTS dari IDP dengan score tinggi itu memang tidak mudah, makanya diperlukan latihan banyak. Cari referensi atau soal-soal dari toko buku, internet ataupun yang lainnya agar pada saat tes berlangsung akan lebih lancar pengerjaannya. Jika memang tidak ada waktu untuk pergi ke toko buku bisa gunakan aplikasi dan kemajuan teknologi saat ini.

Ikuti kursus

Banyak sekali lembaga penyedia peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dengan sistem belajar dan harga yang berbeda-beda. Nah, Anda bisa memilih salah satunya dengan kualitas yang sudah dipastikan terbaik. Selain dengan pemahaman tes, perbanyak latihan dan mengikuti kursus pasti hasil tes akan lebih maksimal.

Menariknya dari melengkapi kemampuan dengan berbahasa Inggris adalah bisa melakukan konsultasi seperti permasalahan apa saja yang Anda alami selama proses belajar. Tidak perlu lembaga besar, saat ini sudah ada banyak sekali tempat belajar dengan kualitas terbaik. Umumnya pengajar merupakan penerima dari sebuah beasiswa, lulusan dari luar negeri, ataupun mereka yang mempunyai skor tinggi dalam tes tersebut. Jadi intinya apapun yang akan Anda pilih untuk memberikan layanan belajar berbahasa Inggris pastikan jika Anda paham akan kualitas dari lembaga tersebut secara langsung.

Itu tadi ada 3 hal penting yang harus Anda perhatikan dalam mempersiapkan tes IELTS untuk bisa masuk dalam perguruan luar negeri, beasiswa ataupun perusahaan luar negeri. Jangan lupa untuk mempersiapkan segala sesuatunya jauh hari, karena kemampuan berbahasa inggris tersebut tidak bisa didapatkan secara instan apalagi tanpa latihan secara rutin. Dengan hasil yang memuaskan atau skor tinggi, sudah pasti Anda akan lebih lancar masuk pada universitas terbaik dunia. Sekian, semoga sedikit ulasan tips diatas dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat untuk Anda semuanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger