Sering Menggigil? Bisa Menjadi Gejala Sakit Ini!

Diposting oleh Iskandar Dzulkarnain
Date : Senin, 11 Oktober 2021

Menggigil pada dasarnya merupakan hal yang wajar. Bahkan kondisi ini merupakan cara alami dari tubuh agar bisa meningkatkan suhu badan dan bisa melindungi organ tetap hangat untuk melawan infeksi.

Biasanya, kondisi ini disertai dengan demam, namun ada pula yang tidak disertai dengan demam. Sebenarnya, hal ini bukan penyakit, tetapi justru menjadi tanda atau gejala sakit tertentu.

Jenis Sakit yang Harus Diwaspadai Saat Menggigil

Jika kamu pernah merasakan kondisi ini secara berlebihan, bisa jadi ini menjadi gejala berbagai macam sakit kedinginan. Berikut berbagai macam sakit tersebut, antara lain:

Anoreksia

Anoreksia merupakan sebuah gangguan makan yang menjadi penyebab seseorang menjadi begitu kurus. Anoreksia sendiri terjadi karena terlalu cemas dengan kenaikan berat badan yang bisa dialami.

Kedinginan menjadi sebuah gejala yang akan terjadi ketika kamu mengalami kondisi ini. Selain kedinginan, gejala lainnya yang bisa terjadi adalah, tubuh sangat kurus bahkan berada 15% dibawah berat ideal, selalu memikirkan berat badan, mengalami gangguan menstruasi. 

Diabetes

Rusaknya ginjal yang disebabkan oleh diabetes sering disebut dengan nefropati diabetic. Salah satu tanda munculnya sakit ini ialah merasa kedinginan, bahkan sepanjang waktu. 

Gejala lain dari sakit ini adalah kebingungan, sesak napas, hilangnya nafsu makan, badan menjadi terasa gatal, muntah dan mual.

Tentu saja gejala ini tidak bisa diindetifikasikan sendiri, kamu harus melalui bergagai macam test untuk membuktikan jika tanda yang kamu alami merupakan sakit diabetes. 

Gangguan pembuluh darah

Apakah kamu merasa kedinginan dan menyerang di area kaki dan tangan. Ini bisa menjadi tanda jika kamu mengalami gangguan pembuluh darah. Karena gangguan pembuluh darah tersebut, aliran darah di kaki dan tangan menjadi lebih terbatas. 

Masalah pembuluh darah yang bisa menjadi penyebab penyakit kedinginan ini seperti gangguan pembekuan, penyempitan pembuluh darah, hingga penyakit kejang penyempitan arteri. 

Bukan hanya merasa dingin, gejala yang muncul dari adanya gangguan ini seperti jari tangan serta kaki menjadi terlihat putih kebiruan, kesemutan dan mati rasa di bagian tangan serta kaki, hingga kulit dingin dan berkeringat. 

Hipertiroid

Tiroid merupakan sebuah kelenjar dengan bentuk kupu-kupu, tiroid berlokasi di pangkal leher. Nantinya kelenjar ini akan membantu melakukan pengaturan metabolisme tubuh. 

Tentu saja bial kelenjar ini tidak mampu menghasilkan cukup hormone, tubuh tidaj bisa memproses hormone dengan efektif sehingga menyebabkan hipertiroid. 

Biasanya, hipertiroid bukan hanya menyebabkan penderitanya merasa kedinginan, namun juga mengalami gejala lainnya seperti mudah lelah, kulit kering, rambut mulai menipis, periode menstruasi tidak teratur, sembelit hingga kenaikan berat badan. 

Anemia

Anemia bisa terjadi ketika system tubuh tidak bisa memproduksi sel darah merah secara normal agar bisa membawa oksigen hingga ke seluruh tubuh. Di beberapa jenis sakit ini berbeda, karena terdapat kecenderungan merasakan dingin. 

Kecenderungan merasakan dingin ini sebenarnya menjadi hal yang umum terjadi. Sebenarnya bukan hanya kedinginan, ada beberapa gejala laion yang biasanya terjadi seperti detak jantung menjadi kurang teratur, terlihat lebih pucat hingga kelelahan. 

Menggigil bukan menjadi sebuah kondisi yang bisa kamu abaikan begitu saja. Kamu harus segera mencari solusi agar bisa mengatasi kondisi ini. Bila kamu sering merasak kedinginan bahkan saat ada di tempat yang hangat bahkan tidak kunjung hilang, kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter. 

Perawatan untuk masalah kedinginan bergantung dari penyebabnya. Oleh sebab itu, segera lakukan konsultasi dengan dokter. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger