Jangan Tertipu Harga Canon Eos 600D Second Murah, Tapi Cek Juga Bagian Ini!

Diposting oleh Enny Law
Date : Kamis, 10 Mei 2018
Kamera menjadi salah satu barang elektronik yang ingin dimiliki oleh beberapa orang misalnya oleh orang yang baru ingin belajar fotografi. Ada banyak kamera yang ada di pasaran dan salah satunya adalah kamera Canon. Sayangnya, kamera seperti kamera DSRL milik Canon memiliki harga yang cukup tinggi. Untuk jenis kamera Canon entry level, seperti harga kamera canon EOS 600D, harganya di toko online untuk kondisi setengah pakai adalah sekitar Rp 3,7 jutaan untuk kondisi yang bagus.


Namun, tidak semua jenis DSLR seperti Canon, memiliki kondisi yang bagus saat dijual setelah digunakan atau kondisi setengah pakai. Untuk memilih kamera DSLR second yang tepat jangan lupa poin penting berikut. Pertama adalah pastikan jika Anda memilih tempat jual yang tepat yang terpercaya. Anda bisa memilih untuk membeli di toko elektronik yang menjual kamera Canon DSLR second atau memilih untuk mencari dan membelinya di toko online terpercaya pilihan Anda.

Terdapat beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam memilih penjual apalagi jika penjual tersebut bukanlah sebuah toko online melainkan hanya perorangan, yaitu:
  1. Cari tahu mengenai penjual, mulai dari latar belakangnya (jika memungkinkan), tempat jualannya seperti apa, bagaimana pelayanan yang diberikan serta valid tidaknya informasi.
  2. Cara penjualan. Ada yang berjualan lewat toko online, ada yang offline namun ada pula yang memasarkannya lewat cara online namun bisa melakukan COD atau cash on delivery dimana Anda bisa mengecek langsung barang yang Anda inginkan.
  3. Garansi. Apakah ada garansi atau tidak, misalnya garansi dari penjual selama 2 minggu untuk fisik dari kamera second tersebut.

Kedua adalah cek body kamera. Cara ini akan susah dilakukan jika Anda memutuskan untuk membeli DSLR second secara online. Jikapun Anda membeli di toko online, sebaiknya pilih yang memberikan fasilitas untuk COD sehingga Anda bisa melihat sendiri kondisi dari barang tersebut apalagi jika harga kamera Canon EOS 600D sangat murah. Bagian yang harus Anda cek yaitu:
  1. Karet grip apakah masih doff serta kasar atau sudah licin agar lebih nyaman saat membawanya dan cek juga apakah karet grip masih terpasang dengan rapat atau sudah melar.
  2. Karet USB, sebaiknya pilih yang masih memiliki karet penutup sebab berfungsi untuk menghalau kotoran atau debu yang masuk ke lubang seperti USB/AV/Charger.
  3. Tombol apakah masih enak ditekan dan jelas tulisannya.
  4. Body secara keseluruhan, apakah ada lecet atau tidak.

Ketiga adalah cek fungsinya, apakah masih bisa digunakan dengan baik atau tidak. Caranya yaitu:
  1. Cek tombol, pastikan tombol masih berfungsi.
  2. Shutter dengan mengambil foto baik saat tekan setengah/auto fokus ataupun tekan penuh/klik, apakah masih berfungsi baik atau tidak.
  3. Titik fokus dengan mengecek semua titik fokus.
  4. Sensor, cek apakah ada yang kotor dan berjamur atau tidak.
  5. LCD.
  6. On/off camera.
  7. Baterai, cek apakah baterai asli/KW dan apakah berfungsi normal.
  8. Memori.
  9. Cek shutter count, semakin sedikit SC akan semakin baik dan bisa Anda tanyakan langsung ke penjualnya.

Pengecekan lainnya yang harus Anda lakukan sebagai tips membeli selain mempertimbangkan harga kamera Canon EOS 600D DSLR setengah pakai adalah:
  1. Tanyakan garansi, apakah masih ada garansi bawaan dari kamera tersebut atau tidak.
  2. Kelengkapan. Cek apa saja kelengkapan yang akan Anda terima jika Anda membeli kamera tersebut. Kelengkapan bisa saja terdiri dari charger, tas, dus atau box, strap ataupun yang lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger