Memutus Rantai Diabetes

Diposting oleh Enny Law
Date : Kamis, 03 Desember 2015
Dahulu mendiang ayah saya meninggal dikarenakan penyakit diabetes yang sudah terlanjur parah. Hal ini merupakan momok yang mengerikan bagi keluarga saya karena kami memiliki potensi diabetes yang lebih tinggi dari pada orang yang tidak memiliki keturunan diabetes. Belum lagi kami bersaudara hampir memiliki pola makan yang sama. Kami memang cenderung menyukai makanan yang manis. Sehingga hal ini memang membuat saya agak cemas dengan kadar gula saya.

Diabetes - Credit: Pixabay.com
Belum lagi saya menikah dengan suami yang ayahnya juga memiliki riwayat diabetes. Saya jadi merasa sangat khawatir pada anak kami Aisyah. Apalagi dia memang menunjukan kecenderungan pada makanan manis. Jadi memang keluarga kecil kami dibayangi oleh penyakit diabetes. Bagi saya sebagai seorang ibu ini adalah pekerjaan rumah yang cukup berat. Mengatur pola makan keluarga agar tidak mengkonsumsi makanan manis terlalu banyak.

Memutus Rantai Diabetes

Untuk memutus rantai diabetes di keluarga kami memang gampang-gampang susah. Kami harus membiasakan pola makan yang sehat. Tak hanya itu berolah raga rutin tiap hari pun harus dibiasakan. Apalagi bagi saya dan suami yang kerjaannya lebih banyak duduk di depan laptop memang sangat rawan terkena diabetes jika tidak berolah raga.

Mengurangi Makanan Manis

Salah satu penyebab diabetes adalah konsumsi gula yang berlebih. Dan hal yang selama ini tidak kita sadari adalah nasi juga mengandung gula. Padahal kita mengkonsumsi nasi hampir tiap hari. Selain membatasi makanan yang manis, kita juga perlu membatasi konsumsi nasi. Kamu juga bisa mencoba diet ala food combining untuk mengurangi konsumsi nasi.

Olag Raga Secara Teratur

Penumpukan gula berlebih pada tubuh dapat dikurangi dengan berolah raga secara teratur. Maka dari itu sebaiknya kita menyempatkan diri untuk berolang raga. Agar kelebihan gula pada tubuh kita tidak menumpuk dan menyebabkan penyakit.

Mengontrol Berat Badan

Ada baiknya jika tiap minggu kita menimbang berat badan untuk mengontrolnya. Berat badan yang melebih dari normal dapat menjadi pemicu penyakit diabetes.

Memperbanyak Konsumsi Makanan Sehat

Salah satu faktor pemicu diabetes karena terlalu sering mengkonsumsi makanan yang tidak sehat. Maka dari itu penting sekali untuk membiasakan diri makan-makanan sehat. Perbanyak makan buah dan sayur dan mengurangi resiko diabetes.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan minuman yang baik bagi tubuh. Selain menghilangkan haus, air putih menjaga agar organ ginjal menjalankan fungsinya dengan baik. Tak hanya itu dengan meminum air putih dapat mengeluarkan racun pada tubuh.

Itulah beberapa tip untuk memutus rantai diabetes dan menjaga agar gula darah normal . Semoga bermanfaat ya!

1 komentar:

  1. Aku air minum pth pasti

    walo g ada riwayat itu tp tetap kudu waspada

    BalasHapus

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger