10 Manfaat Tomat untuk Wajah yang Bisa Membuat Anda Lebih Cantik

Diposting oleh
Date : Rabu, 12 September 2018
Tomat yang beberapa waktu lalu masih diragukan menjadi bahan sayuran atau buah ternyata memang sangat berkhasiat. Tomat termasuk bahan makanan yang kaya nutrisi. Hampir semua nutrisi ini penting untuk kesehatan tubuh mulai dari vitamin A, vitamin C, vitamin B komplek, magnesium, kalium, fosfor, mangan, serat dan semua senyawa kimia alami lain. Itu baru nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Percaya atau tidak percaya ternyata khasiat tomat juga sangat penting untuk kecantikan wajah.


Manfaat tomat untuk wajah juga didapatkan dari kandungan nutrisi alaminya. Masih tidak percaya? Buktikan dulu dengan penjelasan dibawah ini.

1. Bisa Mengatasi Jerawat

Manfaat tomat untuk wajah yang paling banyak disukai oleh wanita adalah untuk mengatasi jerawat dan bruntusan. Jerawat mengandung senyawa astringen yang kemudian bisa membantu menyerap minyak dari wajah kemudian membuat bekas jerawat menjadi lebih cepat kering. Tomat juga mengandung asam salisilat yang akan bekerja untuk mencegah infeksi jerawat karena jerawat yang terlalu basah dan bengkak.

Untuk mengobati jerawat pada wajah Anda maka cukup menggunakan bahan jeli pada tomat secara langsung. Perawatan secara terus menerus bisa membuat bekas jerawat hilang sendiri. Jika bekas jerawat belum hilang dengan tomat, artikel tentang bekas jerawat ini bisa jadi referensi tambahan untuk mencari cara menghilangkan jerawat paling ampuh dan cepat.

2. Membuat Wajah Lebih Halus

Salah satu cara untuk membuat wajah terlihat lebih halus dan lembut adalah dengan mengecilkan pori-pori. Ketika ukuran pori-pori menjadi besar maka minyak yang dihasilkan juga lebih banyak. Ini akan membuat kotoran dan kuman masuk ke pori-pori dan merusak sel sehat pada kulit. Tomat yang mengandung asam sitrat dan vitamin C sangat baik untuk mengecilkan pori-pori secara alami.

Untuk perawatan ini maka Anda hanya perlu mencampurkan jus tomat dan tetesan air lemon. Kemudian oleskan setiap malam sebelum tidur. Dengan perawatan teratur maka kulit Anda akan lebih halus.

3. Mengatasi Kulit Berminyak

Sudah dijelaskan oleh para ahli kecantikan bahwa ketika kulit Anda memproduksi minyak berlebihan maka itu sangat merugikan. Minyak yang diproduksi akan keluar lewat pori-pori kulit. Kemudian ini akan membuat kulit mudah berjerawat dan terkena kuman juga sel kulit mati yang menumpuk. Tomat yang mengandung mineral seperti magnesium dan mangan juga senyawa alami bersifat asam sangat baik untuk mengatasi masalah ini.

Untuk merawat kulit dengan buah ini maka Anda hanya perlu memotong buah menjadi beberapa bagian. Kemudian gunakan untuk menggosok wajah secara teratur setiap malam.

4. Mencegah Efek Sinar Matahari

Jika wajah Anda terlalu sering terkena sinar matahari maka kulit diwajah Anda menjadi lebih hitam dan kemerahan. Efek lain juga termasuk seperti bintik hitam dan warna kulit wajah yang tidak merata. Itu semua karena efek sinar UV dari sinar matahari. Manfaat buah tomat untuk wajah termasuk untuk mengatasi efek sinar matahari memang sudah banyak terbukti. Ini karena kandungan nutrisi pada buah seperti likopen, vitamin C dan juga asam folat.

Untuk merawat kulit wajah yang sering terkena sinar matahari maka jus campuran tomat dan yogurt sampai lembut. Kemudian oleskan pada wajah Anda seperti menggunakan masker.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Jika Anda ingin memiliki kulit wajah yang lebih cerah maka Anda bisa mencoba untuk menggunakan tomat. Manfaat tomat untuk wajah ini bisa terjadi karena tomat mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Vitamin C akan membuat kulit lebih cerah secara alami dan juga akan membuat kulit tampak kenyal. Cara untuk merawat wajah dengan buah ini untuk memutihkan kulit wajah adalah dengan menggosokkan tomat secara langsung pada wajah Anda. Anda juga bisa mencampurkan dengan oatmeal seperti membuat masker kemudian oleskan pada kulit wajah.

6. Membuat Wajah Kenyal dan Sehat

Sudah lama dibuktikan bahwa tomat yang mengandung vitamin C tinggi memang bisa membuat kulit lebih putih. Tomat sangat baik untuk memutihkan kulit wajah tanpa menyebabkan efek samping. Ini karena vitamin C yang mengenai kulit akan memicu produksi kolagen yang sangat tinggi. Akhirnya kolagen akan membuat kulit lebih kencang, kenyal dan putih.

Untuk merawat kulit Anda maka cukup menggunakan campuran tomat dengan madu seperti ketika membuat masker. Kemudian oleskan ke wajah Anda seperti menggunakan masker biasa. Jika digunakan teratur maka kulit Anda pasti tampak bercahaya.

7. Menghilangkan Kulit Kusam

Memiliki wajah yang kusam pasti akan membuat Anda merasa tidak percaya diri. Tomat bisa menjadi solusi yang sangat baik untuk wajah Anda. Manfaat tomat untuk wajah ternyata sangat baik untuk membantu proses pengelupasan sel kulit mati. Sel-sel kulit mati dan kering yang menempel pada wajah akan membuat kulit kurang bercahaya, kasar dan kusam. Kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin K sangat penting untuk mengatasi masalah sel kulit mati ini.

Untuk mendapatkan kulit yang bercahaya dan bersih ini maka Anda hanya perlu mencampur jus tomat dengan madu. Kemudian gunakan seperti ketika Anda menggunakan masker wajah sehingga kulit wajah Anda lebih cantik.

8. Mencegah Penuaan Dini

Masalah penuaan dini pada kulit wajah memang tidak hanya terjadi pada wanita dewasa tapi juga pada remaja. Tomat yang mengandung vitamin C dan vitamin K sangat penting untuk mencegah semua masalah penuaan dini. Kandungan antioksidan ini akan menjaga agar regenerasi sel kulit berjalan dengan cepat akhirnya wajah menjadi lebih bersih.

Menggunakan masker tomat secara teratur dengan campuran alpukat dan madu sangat baik untuk menghilangkan bintik hitam, kulit keriput dan masalah kulit yang tampak tua.

9. Menghilangkan Komedo

Tomat ternyata juga sangat baik untuk menghilangkan komedo hitam dan putih pada kulit. Ini karena tomat kaya dengan vitamin C dan senyawa alami yang bersifat sebagai astringent. Komedo hitam biasanya banyak muncul pada bagian hidung. Sementara komedo putih pada wajah dan dada. Tomat bisa membuat komedo terlepas sendiri karena bersifat untuk membuka lapisan pori-pori dan mengeluarkan komedo secara alami. Anda hanya perlu menggosok area komedo dengan tomat yang sudah dipotong menjadi beberapa bagian.

10. Membuat Kulit Lembab dan Tidak Kering

Jika kulit wajah Anda tidak terawat maka biasanya kulit tampak kering, tidak lembab dan kusam. Ternyata ada manfaat tomat untuk wajah yang bisa mengatasi semua masalah ini. Kandungan mineral magnesium akan membuat kulit wajah menjadi lebih lembab dan bersinar. Kemudian vitamin C dari asam sitrat dalam tomat juga sangat baik untuk membuat kulit lembab tapi tidak berminyak. Untuk merawat kulit agar cantik seperti ini maka cukup menggunakan masker dari tomat dingin.

Jadi itulah semua manfaat tomat untuk wajah agar wajah Anda lebih cantik. Masih kurang percaya? Silahkan buktikan sendiri ya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger