Tips Agar Tempat atau Bak Cuci Piring Selalu Bersih

Diposting oleh
Date : Kamis, 14 Desember 2017
Hidup sehat memang harus berawal dari hal-hal yang terlihat sepele. Salah satu hal yang kadang disepelekan orang adalah mengenai kebersihan rumah, terutama di bagian dapurnya. Ketika dapur seseorang bersih, maka bisa dipastikan kesehatan orang di rumah itu akan terjaga. Pasalnya dapur ini adalah tempat di mana makanan diproses; dicuci, diolah, dimasak, dan disimpan. Jika dapur kotor, maka sangat mungkin terjadi kontaminasi bakteri jahat yang akan masuk dalam makanan lalu bisa membuat orang serumah menjadi sakit.


Semua orang paham, bahwa kebanyakan penyakit yang diderita oleh manusia lewat melalui makanan. Oleh karena itu sangat penting untuk menjaga kebersihan makanan sejak dia diolah.

Salah satu tempat pertama kali makanan diolah adalah di tempat atau bak cuci piring. Di tempat atau bak cuci piring ini biasanya makanan akan dicuci sebelum dipotong-potong. Bayangkan saja betapa ngerinya jika tempat atau bak cuci piring di dapur rumahmu tidak bersih, ini akan menjadi sarang bakteri jahat yang bisa masuk ke dalam makananmu. Tentu saja kamu tidak ingin terjadi seperti itu bukan?

Oleh karena itu, sangat penting menjaga kebersihan tempat cuci piring yang ada di dapurmu. Bagaimana cara menjaga kebersihannya? Berikut ini ulasannya.

Cara Membersihkan Tempat atau Bak Cuci Piring

Cara membersihkan tempat atau bak cuci piring ini yang pertama kali harus dilakukan adalah dengan membukan poros tempat pembuangan airnya. Setelah itu, basahi seluruh permukaan bak cuci piring. Jika sudah rata basahnya, kemudian tuangkan sabun antibakteri lalu sikat dan ratakan ke seluruh permukaan bak cuci piring. Pastikan kamu menyikatnya dengan sedikit menekan agar kotoran-kotoran sisa makanan atau bekas minyak yang lengket terangkat. Jangan lupa juga sikat di bagian yang susah tejangkau, biasanya berada di pojokan bak cuci piring.

Ketika sabun sudah merata, bilas dengan air. Jika ada, kamu bisa menggunakan air hangat untuk membilasnya agar lebih mudah terangkat kotorannya. Setelah dilakukan pembilasan, biasanya masih ada bagian yang tidak bisa bersih karena sudah berkerak. Jika kamu menemui bagian yang berkerak, kamu bisa memberinya cairan antikerak yang mengandung HCl. Cairan antikerak ini bisa kamu dapatkan di banyak tempat. Semprotkan cairan pembersih antikerak ke bagian yang berkerak saja, lalu mulai sikat dengan rata. Lalu bilas dengan air.

Tips Agar Tempat atau Bak Cuci Piring Selalu Bersih

Setelah kamu tahu bagaimana cara membersihkan tempat cuci piring, untuk menjaga kebersihannya, kamu harus mengurangi kebiasaan menunda cucian piring atau gelas. Apalagi setelah selesai melakukan kegiatan memasak, biasanya bakal banyak barang-barang kotor seperti penggorangan, spatula, dan lainnya yang kotor karena bekas masak. Jika kamu menunda membersihkannya, maka kotoran tersebut dipastikan menular ke tempat atau bak cuci piringmu di dapur. Jika sudah seperti ini biasanya akan lebih susah dibersihkan.

Selain itu, kamu bisa menjadwalkan misal seminggu sekali membersihkan bak cuci piring secara teratur. Hal ini dilakukan demi mengurangi kerak yang muncul di bak cuci piring.

Itulah cara membersihkan dan tips menjaga bak cuci piring tetap bersih. Semoga kamu bisa menerapkannya pada tempat cuci piring di dapur rumahmu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger