Cara Astra Mencetak Pengusaha Sukses

Diposting oleh
Date : Jumat, 22 Desember 2017
Kerap kita dengar banyak orang berdebat mengenai menjadi karyawan atau menjadi pengusaha. Di Indonesia ini jumlah karyawan lebih banyak daripada jumlah pengusaha. Alhasil dengan fenomena tersebut banyak sekali orang yang pengangguran karena mindset-nya kerja itu harus jadi karyawan. Padahal kerja bisa dilakukan dengan cara membuka usaha sendiri. Ya, memang usaha dibuka dari yang kecil terlebih dahulu. Sangat berbeda dengan kamu yang sudah punya banyak modal bisa langsung buka usaha skala besar. Namun, umumnya usaha itu dimulai dari hal yang kecil.


Astra sebagai salah satu perusahaan yang besar di Indonesia sangat peduli dengan fenomena yang terjadi ini. Tugas Astra harus memecahkan solusi bagi banyaknya pengangguran yang ada di Indonesia. Jika tidak bisa menerima karyawan baru, maka yang dilakukan adalah dengan membuat usaha baru yang bisa menyerap banyak tenaga kerja baru.

Astra dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA)-nya pun telah bergerak untuk menjadi fasilitator dalam hal pengembangan UKM yang ada di Indonesia. Mulai dari melakukan banyak pelatihan bagi UKM yang ada di daerah-daerah di Indonesia hingga mendanainya bagi UKM yang kurang modal.

Tentu saja ini bukan hal yang mudah jika tidak didasari dengan kemauan yang tinggi. Astra sejak awal berdirinya memang mencanangkan Catur Dharma sebagai nilai dan pedoman dalam memutuskan berbagai keputusan arah Astra dalam beroperasi dan berbisnis. Salah satu pilar dari Catur Dharma Astra adalah menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Pilar ini memang berat, namun Astra selalu berusaha untuk mencapainya.

Banyak sekali dana yang digelontorkan untuk membuat pelatihan, pembiayaan, dan pemeliharaan agar UKM di Indonesia bisa berkembang menjadi besar dan menyerap tenaga kerja baru. Selama tahun 2015 saja, sudah terlihat bagaimana perkembangan dari program-program yang dibuat oleh YDBA ini. Ada 60 ribu lapangan pekerjaan baru yang dihasilkan dari pembinaan UKM di Indonesia. Jika itu terus dilakukan tentu saja harapannya adalah tidak ada lagi pengangguran di Indonesia.


Hal ini sangat erat kaitannya dengan Inspirasi 60 Tahun Astra yang telah menginspirasi banyak yayasan yang berada di bawah payung Astra. Tujuannya jelas, menjadi bermanfaat untuk bangsa dan negara dan bersama-sama sejahtera.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger