Tips Meningkatkan Penjualan di Bidang Retail

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Senin, 14 November 2016
Bisnis retail adalah bisnis yang menyenangkan. Bisnis ini bisa dimulai dengan modal yang kecil sekalipun. Akan tetapi, tahukah Anda apa itu bisnis ritel? Jika Anda masih awam dalam bidang bisnis, bisnis retail adalah bisnis yang dijalankan oleh pelaku bisnis sebagai mata rantai terakhir yang berperan untuk menyalurkan barang kepada konsumen atau masyarakat.


Bentuk paling sederhana dari bisnis ritel adalah warung-warung yang ada di sekitar Anda yang menjual berbagai bentuk produk siap pakai atau bahan baku. Bisnis ritel tersebut bisa berbentuk pedagang asongan, warung kelontong, warung-warung biasa yang menjual aneka makanan ringan dan minuman ringan, toko bangunan, gerobak-gerobak rokok, hingga yang berskala besar seperti minimarket atau supermarket. Hypermart juga termasuk ke dalam bisnis ritel.

Jika suatu saat Anda berencana untuk menjalankan bisnis ritel, karena menjual produk adalah bagian penting dari bisnis ini, maka Anda wajib mengetahui berbagai cara untuk meningkatkan penjualan.

Beberapa tips berikut ini sebaiknya Anda ingat jika ingin menjual berbagai produk dengan metode ritel agar mudah laku dan agar perputaran uang lebih lancar.

Jangan mengambil untung terlalu banyak

Bisnis ritel adalah bisnis yang pesaingnya paling banyak. Salah satu cara untuk bersaing dan agar konsumen mau melirik toko Anda, salah satunya adalah dengan memainkan harga. Memberikan harga yang sedikit lebih murah misalnya Rp100 atau Rp200 seringkali mampu menarik konsumen untuk menjadi pelanggan setia.

Jaga kualitas produk

Kualitas produk yang Anda jual harus dijaga. Karena konsumen saat ini sudah cukup cerdas dalam memilih. Produk dengan kualitas biasa-biasa saja atau produk dengan kualitas buruk seringkali menyebabkan pelanggan enggan kembali berbelanja ke tempat Anda.

Sebaliknya, kualitas yang bagus dari produk-produk yang Anda jual akan membuat pelanggan merasa puas dan lebih percaya.

Terapkan metode swalayan

Dalam berbisnis ritel, konsep swalayan adalah yang seringkali sukses dan banyak disukai oleh konsumen karena konsep ini memberikan kebebasan bagi konsumen dalam memilih dan menyeleksi barang yang mereka inginkan tanpa merasa ada intervensi atau campur tangan dari penjual.

Bangun bisnis di tempat yang strategis Jika Anda ingin mendapatkan pelanggan yang banyak yang mau berbelanja setiap hari, Anda harus menempatkan toko fisik di tempat yang paling mudah dijangkau atau di tempat yang paling strategis.

Kadang-kadang, konsumen lebih suka berbelanja ke tempat yang lebih dekat walaupun harganya lebih mahal dibandingkan dengan pergi ke tempat yang lebih jauh namun menawarkan harga yang murah.

Hal tersebut tidak lepas dari kebiasaan manusia modern saat ini yang malas bergerak apalagi jika cuaca tidak bagus, terlalu panas atau sedang hujan, dan sekarang, sebagian besar orang lebih senang menghemat waktu dibandingkan dengan menghemat uang.

Kelengkapan barang adalah kunci untuk menarik konsumen

Semakin lengkap barang yang Anda jual, maka akan semakin banyak pelanggan yang Anda dapatkan. Semakin banyak pelanggan yang menjadi konsumen di toko anda, maka akan semakin tinggi perputaran uang yang ada.

Jika suatu saat ada konsumen yang menanyakan barang tertentu dan kebetulan Anda tidak memiliki, sebisa mungkin jangan dijawab "tidak ada," melainkan Anda harus menjawab "barang yang Anda cari sedang kosong." Jawaban tersebut akan membuat calon pembeli tersebut suatu saat mungkin saja kembali dan menanyakan barang yang sama.

Akan tetapi jika dijawab "tidak ada," kemungkinan besar mereka tidak akan pernah kembali untuk menanyakan atau mencari barang yang sama.

Itulah beberapa tips berjualan agar perputaran uang atau profit yang Anda dapatkan dalam bisnis retail bisa meningkat. Jika Anda memiliki beberapa ide lain, jangan ragu-ragu untuk menuliskannya di kolom komentar di bawah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger