Pilihan Warna Baju Batik yang Cocok dengan Warna Kulitmu

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Jumat, 25 Mei 2018
Batik adalah seni sastra peninggalan nenek moyang kita, yang dahulunya sempat tenggelam namun kini eksis kembali karena Negara Jiran pernah mengklaimnya sebagai salah satu warisan budaya mereka. Berangkat dari kejadian tersebut, batik kini lebih diapresiasi oleh masyarakat Indonesia.


Pemuda-pemudi Indonesia mulai menyadari pentingnya menjaga dan melestarikan budaya dan peninggalan nenek moyang mereka. Baju batik semakin marak dikenakan terutama pada acara-acara tertentu seperti kondangan, acara-acara resmi, hingga menghadiri pernikahan.

Tidak hanya itu, saat ini semakin banyak orang yang menggunakannya sebagai baju kerja (di kantor), dan bahkan ada yang menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari atau jalan-jalan.

Dewasa ini, berbagai macam busana berbahan kain batik terus bermunculan, dan juga diikuti dengan berbagai macam motif dan model. Walau batik modern semakin banyak dilirik, bukan berarti batik tradisional sepi peminat lho... Batik Solo misalnya, hingga saat ini masih banjir peminat dan banyak dicari.

Walau cukup digandrungi, namun bukan berarti batik tidak memiliki kelemahan. Banyaknya pilihan motif dan pengembangan desain serta warna, membuat banyak orang kebingungan memilih jenis yang tepat untuk mereka kenakan.

Terutama yang cocok untuk jenis kulit masyarakat Indonesia umumnya berwarna sawo matang dan kuning langsat. Nah, kalau kamu ingin terlihat keren saat mengenakan batik, kamu perlu lebih selektif dalam memilih warna. Karena memilih wanna yang cocok dengan kulitmu akan membuatmu terlihat lebih cerah, cantik, atau ganteng.

Tips memilih batik berdasarkan warna kulit

Kamu yang berkulit putih. Sangat cocok apabila mengenakan pakaian-pakaian yang berwarna kontras dengan kulitmu seperti coklat, merah anggur, hijau botol, atau biru cerah. Sebaliknya, ada beberapa warna yang perlu kamu hindari, di antaranya adalah: hindari warna-warna lembut atau warna pastel karena akan membuatmu kelihatan makin pucat. Termasuk juga warna-warna netral seperti warna putih, warna krem, warna pasir, dan khaki.

Warna batik yang cocok untuk kulit sawo matang. Sebagian besar masyarakat Indonesia berkulit sawo matang. Warna kulit ini memiliki spektrum yang cukup luas jika dibandingkan dengan mereka yang punya kulit putih atau cerah. Beberapa pilihan warna batik yang cocok untuk kamu kenakan diantaranya adalah warna-warna terang atau warna gelap.

Kalau kamu memilih suka beige, hindari memilih warna pale beige. Sebaliknya, pilihlah warna beige yang lebih hangat. Kalau kamu tertarik mengenakan warna-warna netral, kamu akan sangat cocok jika menggunakan warna-warna berani seperti magenta atau ungu.

Namun ingat, hindari warna-warna yang terlalu muda (pastel) seperti ungu muda dan sejenisnya. Kamu juga sangat cocok apabila mengenakan warna yang sangat cerah seperti warna putih (yang bersifat netral untuk kulit sawo matang).

Beberapa warna batik yang perlu kamu hindari di antaranya adalah: warna kuning atau hijau. Kamu juga perlu menghindari pakaian yang bernuansa warna warni atau warnanya terlalu dekat dengan warna kulitmu.

Batik yang cocok untuk kulit kuning langsat. Beberapa jenis warna yang cocok untuk kamu kenakan diantaranya adalah: warna kuning keemasan, warna kuning madu (kemasan), merah, hijau zaitun, hijau lumut, cokelat, dan kamu juga akan kelihatan cantik jika mengenakan warna yang lebih dingin seperti warna krem.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger