Diving dan Tips Mudah untuk Pemula yang Akan Mencobanya

Diposting oleh Posted byIskandar Dzulkarnain
Date : Rabu, 27 September 2017
Ada banyak kegiatan di laut yang bisa dilakukan oleh masyarakat, dari sekadar berenang, memandangi laut, surfing, snorkeling untuk melihat pemandangan laut di yang tidak terlalu dalam, hingga diving yang merupakan kegiatan menyelam dengan tingkat yang lebih dalam. Banyak orang yang ingin mencoba sensasi menyelam ini, sehingga banyak yang sengaja ketika berlibur ke laut berusaha untuk meminta menyelam untuk pengalaman. Bagi Anda yang termasuk dalam pemula dan belum berpengalaman untuk melakukan penyelaman, tentu saja ada beberapa tips aman yang bisa untuk dilakukan agar penyelaman pertama tersebut dapat untuk aman dan menyenangkan. Beberapa tips yang bisa dilakukan untuk penyelam pemula tersebut adalah sebagai berikut:


1. Patuhi perintah instruktur

Langkah pertama untuk dapat aman dan nyaman ketika menyelam pertama kali adalah dengan melakukan perintah dari instruktur. Bagi pemula tentu saja sangat penting untuk mengikuti dan mendengarkan perintah instruktur agar pengalaman pertama menyelamnya dapat menyenangkan dan aman. Ada beberapa perintah yang harus diikuti selama akan menyelam tersebut, dari berapa lama melakukan penyelaman, daerah mana saja yang boleh dan dihindari, hingga juga instruksi yang penting tetapi kecil. Misalnya cara menggunakan masker oksigen yang benar dan tepat, cara mengetahui kadar oksigen yang ada dalam tabung, dan juga banyak instruksi lainnya yang harus didengarkan dan diikuti oleh penyelam.

2. Memilih kacamata yang tepat

Tips kedua yang harus diperhatikan oleh para penyelam pemula saat akan melakukan diving adalah dengan memilih alat pribadi yang tepat. Seperti misalnya kacamata renang yang akan digunakan yang harus dipilih dengan tepat. Kacamata yang akan digunakan tersebut haruslah pas di wajah sehingga akan nyaman ketika digunakan di bawah laut untuk menjelajah. Memilih kacamata yang pas sendiri dengan tujuan agar tidak ada air yang masuk ke dalam kacamata sehingga dapat untuk membuat penyelaman pertama kali itu diwarnai dengan kepanikan yang tidak perlu.

3. Dilarang untuk menahan nafas saat menyelam

Dan tips selanjutnya yang sangat penting untuk penyelam pemula adalah agar tidak melakukan tahan nafas selama menyelam. Hal tersebut dapat berakibat fatal karena posisinya sedang berada di dalam air. Sehingga apabila tidak sadar menahan nafas dan membuang nafas lewat mulut maka dapat untuk menyebabkan terjadinya kecelakaan paru-paru. Sehingga sebaiknya untuk tepat bernafas dengan santai sehingga dapat untuk membuat tubuh menjadi lebih ringan.

4. Menghafalkan isyarat tangan

Dan salah satu hal penting yang harus dipatuhi oleh penyelam pemula lainnya adalah dengan menghafalkan isyarat tangan. Pemandu nantinya tentu akan memberikan perintah dengan isyarat tangan sehingga bagi Anda yang akan menyelam untuk pertama kali sebaiknya perhatikan dan hafalkan isyarat tangan sehingga dapat untuk mengikuti sesuai instruksi dari pelatih. Karena isyarat tersebut menjadi satu-satunya cara untuk dapat berkomunikasi antara pemandu dan juga penyelam.

5. Menyesuaikan kuping dan tekanan air

Dan tips untuk para penyelam pemula yang akan melakukan diving pertama kali adalah dengan menyesuaikan kuping dengan tekanan air yang ada di bawah laut. Hal tersebut karena tekanan air yang ada di laut setiap meternya mempunyai tekanan yang berbeda. Dimana semakin ke bawah dan dalam maka tekanan airnya akan lebih kuat. Sehingga akan menyebabkan kuping sakit untuk para penyelam pemula. Tidak seperti penyelam yang telah mahir dan dapat mengatasinya dengan menelan ludah setiap telinga terasa sakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger