KBA Cengkeh Turi, dari Apresiasi Besar Walikota Sampai dengan Role Model Pembangunan di Kota Binjai

Diposting oleh
Date : Rabu, 21 November 2018
Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara, Kota Binjai terpilih menjadi salah satu daerah yang masuk dalam program binaan dari PT Astra International Tbk. Yaitu Kampung Berseri Astra. Ditunjukkan kelurahan ini sebagai KBA mendapat apresiasi yang besar dari Wali Kota Binjai. Bahkan juga Pemerintah Kota Binjai siap untuk memberikan dukungan pada berbagai program berkelanjutan untuk Cengkeh Turi sebagai Kampung Berseri Astra agar jadi daerah yang mandiri dalam berbagai bidang.

Foto: hidroponikyes.blogspot.com

Wali Kota juga menilai kalau dengan dipilihnya Cengkeh Turi sebagai bagian dari Kampung Berseri Astra ini merupakan sebuah keputusan yang tepat. Pasalnya, di kelurahan ini terdapat cukup banyak Usaha Kecil Menengah dengan juga dipenuhi oleh warga yang sikapnya terbuka serta mudah untuk diajaka bekerjasama. Sehingga lebih lanjut nantinya kelurahan ini berpotensi besar untuk jadi daerah unggul, baik dalam hal lingkungan, pendidikan, kewirausahaan maupun kesehatan, seperti 4 pilar yang diintegrasikan dalam program KBA.

Saat ini Kelurahan Cengkeh Turi telah memasuki tahun kedua dari rencana lima tahun pembinaan sebagai Kampung Berseri Astra. Sebelum terpilihnya Cengkeh Turi sebagai bagian dari KBA, setidaknya ada 5 kelurahan yang diajukan. Kemudian terpilihnya Cengkeh Turi salah satu alasannya adalah lantaran dilihat masyarakat di kelurahan tersebut mau untuk dibina menjadi kampung yang mandiri.


Hal yang senada juga sempat ditegaskan oleh Wali Kota Binjai bahwa kemandirian sebuah daerah adalah hal yang sangat penting. Wali Kota ingin melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan kota Binjai sebagai kota yang cerdas. Sehingga tentu dengan terpilihnya Cengkeh Turi sebagai KBA memberikan harapan besar untuk kemajuan Kota Binjai di kedepannya.

Bahkan menariknya lagi adalah Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi ditetapkan oleh Wali Kota Binjai seagai Role Model untuk pembangunan Kota Binjai. Hal ini dikarenakan KBA Cengkeh Turi mampu menginspirasi lingkungan lain yang ada di berbagai kelurahan di Binjai. Bahkan sudah ada beberapa kelurahan tetangga dari Cengkeh Turi yang mulai mengembangkan kegiatan-kegiatan yang sama dengan KBA Cengkeh Turi.

Dijadikannya KBA Cengkeh Turi sebagai role model pembangunan Kota Binjai tersebut sendiri bermula dari kecemburuan beberapa kelurahan atas terpilihnya Cengkeh Turi sebagai KBA. Lantas kemudian Wali Kota pun melakukan peninjauan secara langsung bagaimana Astra untuk mendorong bidang pendidikan, lingkungan, kewirausahaan dan kesehatan di Cengkeh Turi yang sudah berjalan 2 tahun ini. Peninjauan langsung pun direncakan juga akan dilakukan pada kelurahan lainnya mengenai seperti apa kelurahan lain meniru KBA Cengkeh Turi yang telah ditetapkan sebagai role model pembangunan Kota Binjai.

Beberapa pencapaian dari Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi yang secara perlahan menjadi contoh dan ditiru oleh kelurahan lainnya antara lain adalah bagaimana mengenai pembuatan apotik hidup, kemudian bagaimana untuk mencari pasar serta menjual berbagai produk UKM, membangun lingkungan di kampung yang asri, menjalankan pendidikan yang baik dan optimal, sampai dengan seperti apa membangun sarana prasarana yang tetap terawat dengan baik.

Sudah begitu banyak dukungan yang diberikan oleh Astra untuk mewujudkan Cengkeh Turi sebagai daerah yang mandiri. Mulai dari dalam hal pendidikan, SD Negeri yang ada di Lingkungan VI Cengkeh memiliki halaman yang terawat, asri, adanya perpusatakaan berkualitas sampai dengan perlengkapan drum band. Astra telah membantu dalam pembenahan secara fisik pada sekolah dan bahkan memberikan beasiswa pada siswa berprestasi.

Lalu dalam hal kesehatan, Posyandu di kelurahan ini mendapat bantuan mulai dari kursi, buku-buku kesehatan balita, ibu dan anak, hingga lemari penyimpanan obat yang kesemuanya demi mendukung terlaksananya pelayanan medis yang optimal. Untuk hal kebersihan lingkungan, Kampung Berseri Astra Cengkeh Turi telah memiliki apotik hidup yang tertata rapi dengan paret-paret, saluran air tanpa adanya sampah, pepohonan rindang yang membuat suasana di kampung ini begitu sejuk. Tak ketinggalan UKM di kelurahan ini pun terus berkembang dengan baik saat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger