Kenali Perkembangan Bayi Anda Sedini Mungkin

Diposting oleh
Date : Sabtu, 24 November 2018
Bila anda memiliki bayi yang lahir 3 bulan lebih awal, dan ia sekarang berumur 12 bulan, apakah Anda memperlakukannya seperti anak usia 1 tahun atau sebagai bayi berumur 9 bulan? Jawaban dari pertanyaan ini bergantung pada alasan Anda menanyakannya. Bayi yang lahir prematur memiliki dua usia yang pertama Chronological age, adalah usia bayi dihitung mulai dari hari ia dilahirkan, berarti jumlah hari, minggu, dan tahun sejak ia lahir. Sedangkan yang kedua Corrected age atau adjusted age, adalah chronological age bayi prematur dikurangi jumlah minggu atau bulan ia dilahirkan lebih awal. Contohnya, anak yang usia nya satu tahun dan lahir 3 bulan lebih awal berarti memiliki adjusted age pada usia 9 bulan. Otak dan juga tumbuh kembang bayi prematur, dapat berkembang dengan dua cara utama, pertama, berdasarkan urutan biologis yang sudah terprogram dan berdasarkan respon terhadap pengalaman mereka.


Anda harus bisa mengenal lebih jelas bagaimana siklus anak yang tumbuh kembang prematur, pasal nya seringkali, Anda tidak bisa mempercepat perkembangan bayi hingga bagian yang tepat dari urutan yang telah terprogram sebelumnya telah selesai. Contohnya, Anda tidak bisa mempercepat proses anak berjalan dengan memegang bagian bawah lengannya serta mengajaknya berjalan-jalan. Ketika proses berjalan itu terjadi, semua bagian otak bayi yang mengontrol kemampuan berjalan seperti keseimbangan, koordinasi pada otot, kemampuan untuk memperkirakan jarak, pada umumnya, harus sudah siap. Sehingga corrected age bisa berguna ketika Anda mencoba mencari tahu apakah perkembangan bayi prematur anda bisa sepenuhnya normal. Bayi yang berusia 1 tahun Anda dengan kelahiran prematur, mungkin belum bisa merangkak dengan sempurna. Akan tetapi jika Anda berpikir usia bayi Anda adalah 9 bulan, sesuai corrected age-nya, bukan 1 tahun, Anda tidak perlu merasa khawatir tentang hal ini. Corrected age menjadi pertimbangan penting terutama selama tahun-tahun pertama usia anak Anda.

Pada saat anak anda memerlukan pelayanan intervensi yang dini, ide yang bisa anda gunakan untuk merujuk pada usia tumbuh kembang, dengan menggunakan chronological age akan membuatnya terlihat lebih tua, kebutuhannya yang menjadi lebih besar. Semua anak pada umumnya memiliki variasi dalam perkembangannya, dan juga tidak semuanya sama, tanpa melihat apakah mereka lahir prematur atau cukup umur, maka dari itu perawatan orang tua yang intensif sangat di perlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger