Tip Merawat Printer Agar Awet

Diposting oleh
Date : Minggu, 29 November 2015
Di jaman ini hampir semua orang memiliki perangkat keras berupa laptop atau komputer dekstop. Dengan adanya komputer dekstop atau laptop, lama kelamaan keberadaan mesin ketik konvensional menjadi tergeser. Hal ini dikarenakan mengetik menggunakan laptop atau komputer lebih praktik dan bersih. Dan saat kita butuh mencetak data, kita tinggal menggunakan printer. Hasilnya pun lebih baik ketimbang menggunakan mesin ketik.

Printer Samsung
Printer Samsung - Credit: Samsung.com
Bagi beberapa orang memiliki printer memang sebuah keharusan. Apalagi bagi seorang yang berhubungan dengan dunia data, printer dan laptop menjadi satu paket yang harus dimiliki. Printer yang bagus akan menghasilkan hasil cetakan yang bagus pula. Meski kita sudah memiliki printer yang bagus ada baiknya jika kita merawat printer tersebut dengan benar agar lebih awet. Berikut adalah tip merawat printer agar awet.

Gunakan Kertas yang Bersih Saat Mencetak

Saat hendak mencetak suatu data sangat disarankan untuk menggunakan kertas dengan kualitas yang baik. Tak hanya itu kertas juga disarankan bersih dari kotoran atau debu. Kertas yang di atasnya menempel kotoran atau debu jika dibiarkan terus menerus akan mengotori roll penarik kertas. Hal ini dapat menghambat proses pencetakan.

Gunakan Kertas yang Tidak Kusut

Jika kamu mencetak dengan kertas yang kusut akan dikhawatirkan kertas tersangkut pada roll penarik kertas. Jika kertas sudah tersangkut akan sulit untuk menarik kertas tersebut. Hal ini bisa merusak printer jika terus terjadi.

Jangan Biarkan Catridge Tinta Kosong

Jika catridge tinta dibiarkan terlalu lama kosong, maka tinta yang ada akan mengering dan menghambat keluarnya tinta. Karena bagi printer tinta adalah pelumas. Jadi jika tinta printer sudah mulai habis sangat disarankan untuk segera mengisi kembali tinta tersebut agar sisa tinta yang yang tidak mengering dan menyubat head printer.

Bersihkan Printer Dari Debu

Menjaga kebersihan printer dari luar juga tak kalah pentingnya. Secara berkala bersihkanlah printer dari debu-debu yang menempel. Gunakan kuas kecil yang dapat menjangkau sela-sela pada printer. Kamu juga dapat menggunakan vacum cleaner ukuran kecil untuk mengangkat debu-debu yang sulit dijangkau. Dengan menjaga kebersihan printer dari luar, setidaknya kamu telah membersihkan kotoran yang dapat menyumbat performa printer.

Matikan Printer Dengan Benar

Setelah usai menggunakan printer matikanlah dengan menekan tombol off pada printer. Sebaiknya kamu tidak mematikan printer dengan cara mencabut langsung kabel printer dari steker. Jika kamu terlalu sering mematikan printer dengan cara paksa tersebut dikhawatikan akan merusak BIOS printer. Tak hanya itu jika printer mati secara tiba-tiba head printer akan berhenti pada posisi yang tidak seharusnya.

Menutup Printer

Setelah printer digunakan maka tutuplah printer dengan kain atau menutup khusus printer. Tidak disarankan untuk menutup printer terlalu rapat. Udara yang lembab dapat merusak printer.

Itulah beberapa tip merawat printer agar awet. Semoga bermanfaat ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger