Pensiun Setelah 7 Tahun Menemani

Diposting oleh
Date : Sabtu, 09 April 2016
Gak menyangka ternyata laptop saya ini sudah tujuh tahun menjadi partner saya dalam berbagai urusan. Dari mulai awal blogging, sampai nemenin kenalan degan suami saat itu. Gak nyangka akhirnya beberapa bulan yang lalu saya memutuskan untuk mempensiunkan laptop mungil ini. Maklum lah sudah terlalu tua. Mulai lemot untuk buka beberapa aplikasi. Meski memang saya cuma seorang blogger tapi tetep aja ini laptop udah gak cocok lagi dengan saya. Masa mau buka browser dan aplikasi GIMP aja udah ngelag setengah mait. Tanda-tanda nih kalau laptopnya sudah terlalu tua. Laptop Acer milik saya ini dibeli di tahun 2009. Saat itu sebagai seorang anak SMK Multimedia saya memang sangat butuh laptop untuk keperluan sekolah. Tapi saat itu pilihan saya salah karena membeli laptop kecil ukuran 11 inch. Padahal yang pekerjaan sekolah saat itu butuh laptop dengan spesifikasi tinggi.

Keyboard Laptop Acer

Ganti Sistem Operasi dan Baterai

Laptop ini juga sudah beberapa kali mengalami kerusakan. Awalnya sistem operasinya yaiu Windows XP bermasalah karena sering kena virus. Windows XP di laptop ini asli karena memang sudah bundling dari awal pembelian. Karena saya sudah bosan bolak-balik kena virus akhirnya saya lebih memilih untuk mengganti sistem operasinya menggunakan Xubuntu. Menggunakan Linux bagi saya gak terlalu sulit. Saya sudah agak familiar karena sebelumnya pernah pakai desktop dengan Ubuntu. Tapi tetep aja yah, masalah command di terminal sih cuma ngerti "sudo" doang, haha.

Setelah mengganti sistem operasinya, sekarang giliran mengganti baterai laptop. Baterai laptop ini memang sering banget over charge. Hampir dua belas jam gak pernah dicabut dari sumber listrik. Alhasil yang harusnya baterai laptop ini bisa tahan hingga enam jam, malah gak bisa hidup tanpa dicolokin ke sumber listrik. Sampai dapat julukan portable dekstop, haha. Setelah browsing kena kemari mengenai baterai laptop ini baru deh ketemu. Untungnya harga masih bisa dijangkau kantong. Suami memang kasihan lihat laptop saya yang kayak desktop ini jadi dibeliin. Meski memang bukan baterai original tapi baterai yang dibelikan suami ini merk Sanyo. Dan sampai sekarang baterainya masih awet aja.

Penggati Si Laptop Legendaris

Akhirnya secara gak sengaja laptop Acer saya ini digantikan dengan laptop ASUS. Lumayan lah meski bukan laptop baru. Soalnya saat itu ada saudara suami yang nawarin laptop. Dan saat dilihat ternyata laptopnya ini gak jelek-jelek amat. Body dan spesifikasinya masih bagus. Mumpung ada barang mulus langsung deh dibeliiin sama suami. Saya yang terbiasa menggunakan laptop 11 inch rasanya melihat laptop baru ini luas banget. Bayangin aja lebarnya 14 inch. Bahkan lebih besar dari Macbook suami yang 13 inch. Bikin template Blogger pun akhirnya tambah leluasa. Gak seperti dulu kesulitan ketika hendak mengaktifkan fitur inspect element. Sekarang meski mengaktifkan fitur inspect element gak perlu galau karena layar terbagi antara tampilan template dan tool box inspect element.
© 2013 Velanco
Design by Enny Law - Powered by Blogger